ADVERTISEMENT

Jokowi Juga Bawa Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Ukraina ke Kyiv

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 11:28 WIB
Bantuan kemanusiaan yang dibawa Presiden Jokowi untuk rakyat Ukraina (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Bantuan kemanusiaan yang dibawa Presiden Jokowi untuk rakyat Ukraina (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah dalam perjalanan menuju Kyiv, Ukraina. Dalam kunjungannya itu, Jokowi turut membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina.

Bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina itu tampak dalam foto yang dipublikasikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022). Tampak tumpukan boks berwarna putih bertulisan 'Indonesia Humanitarian Aid to the People of Ukraine' dalam salah satu foto. Belum diketahui apa saja isi bantuan yang dibawa serta Jokowi untuk rakyat Ukraina itu.

Jokowi menuju ke Kyiv menggunakan kereta luar biasa dari Przemysl, Polandia. Kereta luar biasa yang disiapkan pemerintah Ukraina ini juga dipakai para pemimpin negara lainnya saat berkunjung ke negara yang tengah berperang melawan Rusia itu. Jokowi disebutkan akan menempuh waktu 12 jam.

Jokowi menyatakan misi perdamaian ini dimulai dengan niat baik. Dia pun berharap niat baiknya tersebut mendapat kemudahan.

"Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, Ukraina," tulis Jokowi melalui Instagram-nya.

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," sambung Jokowi.

Dalam pernyataan pers sebelumnya, Jokowi juga menyampaikan mengenai misi perdamaian Ukraina dan Rusia. Jokowi mendorong ruang dialog.

"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena memang perang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi dalam pernyataan pers, Minggu (26/6).

Dalam kunjungannya untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana. Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut serta dalam rombongan terbatas. Rombongan Jokowi ini mendapat pengawalan ketat.

Simak Video 'Senyum Jokowi yang Membawa Misi Perdamaian dengan Niat Baik':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT