ADVERTISEMENT

Jelang Hari Bhayangkara, Polri Ziarah ke Makam Jenderal Hoegeng

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 10:24 WIB
Jakarta -

Polri menggelar ziarah ke makam mantan Kapolri Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76. Ziarah tersebut juga ditemani keluarga dari Jenderal Hoegeng.

Ziarah digelar di Makam Giri Tama, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Perwakilan Polri yang hadir dalam ziarah ini adalah Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dan Komandan Pasukan Gegana Korbrimob Polri Brigjen Reza Arief. Turut hadir juga anggota Polres Metro Depok dan Polres Bogor.

Polri bersama dengan keluarga menggelar ziarah makam mantan Kapolri Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso.Polri bersama dengan keluarga Jenderal Hoegeng menggelar ziarah makam mantan Kapolri Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)

Sementara itu, dari keluarga Jenderal Hoegeng, hadir anak kedua Hoegeng, Aditya Soetanto Hoegeng atau kerap disapa Didit; dan cucu Hoegeng, Rama Hoegeng.

Ziarah mulai digelar pada Rabu (29/6/2022) pukul 07.30 WIB. Pertama-tama, peziarah mengunjungi makam Jenderal Hoegeng.

Peziarah melakukan hormat dan tabur bunga kepada setiap makam yang dikunjungi. Selain Jenderal Hoegeng, ada 11 makam lainnya yang dikunjungi.

Kesebelasnya adalah Irjen (purn) Abdul Jabar, Irjen (purn) R Soedjoko, Irjen Soedarsono, Mayjend Ferdinandus Harnantoko, Kombes Soetrisno, Kombes (purn) JS Sriyanto, Kombes Bambang Yudhosatrio Budisantoso, Kompol Sutrino, AKP Soesatio, AKP Nursiwan, dan AKP Siswo Prayitno.

Polri bersama dengan keluarga menggelar ziarah makam mantan Kapolri Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso.Polri bersama dengan keluarga mantan Kapolri Jenderal Hoegeng menggelar ziarah makam Jenderal Hoegeng. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)

Fiman mengatakan ziarah dilakukan untuk mengingat kembali jasa-jasa pendahulu, khususnya menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara. Serta menjadi teladan bagi yang masih bertugas.

"Jadi tradisi yang telah dilaksanakan oleh kita ziarah ini untuk mengingat kembali tentang nilai-nilai, jasa-jasa, orang tua, pimpinan, rekan kerja, bahkan mungkin yang telah mendahului," kata Firman kepada wartawan usai berziarah.

Firman juga berkesempatan berbincang-bincang dengan keluarga Jenderal Hoegeng. Dalam kesempatan itu, dia ingin agar nilai-nilai kebaikan yang ada pada sosok Jenderal Hoegeng diterapkan oleh seluruh anggota Polri.

"Kita ingin nilai-nilai yang pernah ditanamkan oleh sosok Bapak Hoegeng itu bisa terus dibawa dengan baik. Bukan hanya karena ingin seperti Pak Hoegeng, tapi nilai-nilai yang dibawa oleh Hoegeng, untuk kita semua sebagai anggota Polri," tuturnya.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT