ADVERTISEMENT

Warga Depok, Perlukah TransJ Perluas-Perbanyak Layanan di Daerah Anda?

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 08:13 WIB
Layanan Transjakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)
Layanan Transjakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)
Depok -

Setiap hari, banyak warga Kota Depok, Jawa Barat, menempuh perjalanan ke Jakarta. Namun, masih banyak kawasan-kawasan Depok yang belum terjangkau rute bus TransJakarta. Perlukah TransJ memperluas dan memperbanyak layanan di Depok?

Depok adalah kota di selatan Jakarta. Daerah ini merupakan penyangga Jakarta. Lalu lintas dari arah Depok senantiasa ramai di jam-jam sibuk. Layanan TransJakarta di Depok bukannya tidak ada. Halte TransJakarta paling selatan ada di Terminal Depok, kawasan Margonda Raya. Tapi, Depok bukan hanya Margonda.

Pantauan detikcom di Halte Juanda 2, terlihat seorang ibu dengan anaknya yang menunggu bus TransJakarta rute Depok-BKN. Adina (30), yang merupakan warga Beji, mengaku kerap memakai transportasi tersebut lantaran dekat dengan rumah.

"Rumah daerah sini, lebih seringnya naik TransJakarta," kata Adina saat ditemui di lokasi, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, pengguna TransJakarta di Depok perlu bersabar. Hal tersebut karena kedatangan bus belum bisa diprediksi, sering kali penumpang menunggu lebih lama. Bus kadang dia amati datang setengah jam sekali tapi tak pasti. Orang yang buru-buru hendak ke Jakarta bakal repot menunggu.

"Harapannya armada lebih diperbanyak terus kalau bisa jamnya. Misal di haltenya ditulis jam segini perkiraan waktu tibanya. Karena kalau di Sudirman atau di Thamrin itu kan ada jam-jamnya di halte," kata Adina.

Layanan Transjakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)Layanan TransJakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)

Sementara itu, pantauan di Halte TransJakarta Universitas Indonesia (UI) tampak sepi menjelang sore. Rute yang ditawarkan mencakup UI-Lebak Bulus dan UI-Manggarai. Salah satu mahasiswa, Taqi (19), menyebut kurang mengetahui soal TransJakarta di Depok. Namun, ia berharap armada tersebut dapat menjangkau daerah lain mengingat Depok berbatasan dekat dengan Jakarta.

"Belum tahu banget TransJakarta di Depok. Depok kota besar, jadi efektif kalau TransJakarta sampai sana (jalan utama) Baiknya pakai fasilitas publik supaya teratur," lanjut Taqi.

Warga lain di Terminal Depok, Ani, menyebut lebih cepat menggunakan TransJakarta untuk sampai ke Tanjung Barat. Ia tak menampik kadangkala juga terbentur kemacetan.

"Sebenarnya lebih cepat, tapi kendala juga macet. Di sini kayaknya jarang TransJakarta. Penambahan bus itu bagus juga, apalagi kalau bisa cash," kata Ani.

Layanan Transjakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)Layanan TransJakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)

Sementara itu, Lasmini (39), warga Tapos, menyebut belum ada TransJakarta ke arah rumahnya. Ia pun kerap menggunakan motor untuk menuju berbagai tempat di Depok.

"Untuk saat ini saya seringnya kendaraan bermotor. Ada (TransJakarta) cuma belum pernah. Kalau pemberhentian setahu saya di Juanda. Tapi selama ini kurang tahu. Lebih bagus (ada TransJakarta), lebih tertib, kendaraannya bebas dari polusi juga," papar Lasmini.

Layanan Transjakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)Layanan TransJakarta di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)

Untuk penambahan armada, lanjut Lasmini, juga perlu mempertimbangkan antusiasme warga. Jangan justru bertambahnya armada tak sejalan dengan penumpang yang menggunakan.

"Terlalu banyak bus tapi penumpang sedikit juga nggak efektif, harus seimbang. Kalau nambah armada, tambah macet dimaksimalkan saja. Harus dicek juga jumlah pengguna seberapa banyak," tandasnya.

Bagaimana menurut Anda, warga Depok? Perlukah TransJakarta memperluas dan memperbanyak layanannya di Depok? Warga Jakarta dan sekitarnya juga silakan urun pendapat. Silakan sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

Simak juga 'Menyantap Coto Makassar di Bangunan Limasan 300 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT