ADVERTISEMENT

Temani SBY Ziarah ke Purworejo, Syarief Hasan Kenang Sosok Sarwo Edhie

Ahlu Dzikri - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 22:29 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengungkapkan Jenderal TNI (HOR) (Purn) Sarwo Edhie Wibowo adalah sosok panutan bagi bangsa Indonesia, terlebih anggota Tentara Nasional Indonesia. Menurutnya, Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo merupakan seorang prajurit yang senantiasa bersungguh-sungguh dalam membela serta mempertahankan bangsa dan tanah air Indonesia.

Salah satu bukti, lanjutnya, kesungguhan Sarwo Edhi membela kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia, bisa dilihat dari keberhasilannya menumpas Gerakan 30 September PKI tahun 1965. Saat itu, Sarwo Edhi memimpin penumpasan serangan G 30 S PKI dengan sepenuh hati. Tidak pilih kasih, sehingga dalam tempo yang relatif singkat, tugas tersebut bisa diselesaikan.

"Keberhasilannya menumpas sisa Gerakan 30 September, menjadi prestasi yang mensejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya TNI. Keberhasilan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, termasuk generasi muda," kata Syarief dalam keterangannya, Selasa (28/6/2022).

Hal itu disampaikannya usai mendampingi Presiden ke enam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berziarah di makam Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo, di pemakaman keluarga Kampung Ngupasan, Kelurahan Pangenjurutengah, Purworejo. Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Purworejo RH Agus Bastian dan jajarannya.

Lebih lanjut Syarief menambahkan, sikap terpuji Sarwo Edhie banyak mendapat apresiasi dan penghargaan dari kolega bahkan para seniornya di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Selain bersungguh-sungguh membela kepentingan bangsa dan negara, Sarwo Edhi adalah pribadi yang rendah hati. Pemilihan tempat peristirahatannya yang terakhir di pemakaman keluarga Kampung Ngupasan, Kelurahan Pangenjurutengah, Purworejo, dibanding di Taman Pahlawan adalah Buktinya.

"Selain karena beliau ingin kembali ke kampung halamannya, juga karena kepribadiannya yang sederhana dan rendah hati, membuat beliau memilih dikebumikan di pemakaman keluarga ini. Dan itu membuat kita semua semakin bisa menghargai jasa para pahlawan, termasuk Jenderal Sarwo Edhi," kata Syarief.

Diketahui, SBY beserta keluarga datang menggunakan bus, disambut Bupati Purworejo Agus Bastian beserta jajaran. Setelah beramah tamah dengan forkopinda setempat, SBY dan keluarga segera memanjatkan doa di depan pusara Jendral Sarwo Edhi yang dimakamkan berdampingan dengan istrinya Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sutarto.

Sekitar tiga puluh menit kemudian, SBY tampak berdiri, bertanda selesai mendoakan mertuanya itu. Sejenak kemudian, presiden ke enam itu menabur bunga di atas pusara orangtua mendiang Ani Yudhoyono. Setelah itu SBY beserta rombongan meninggalkan tempat pemakaman, setelah berfoto bersama dengan keluarga terdekatnya.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT