Hari Keluarga Nasional 2022 Tanggal 29 Juni, Ini Serba-serbinya

ADVERTISEMENT

Hari Keluarga Nasional 2022 Tanggal 29 Juni, Ini Serba-serbinya

Syena Meuthia - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 13:59 WIB
Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal (29/6). Peringatan Harganas 2022 akan diadakan di Kota Medan, Sumatera Utara.
Hari Keluarga Nasional Tanggal 29 Juni, Ini Serba-serbinya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Liderina)
Jakarta -

Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal (29/6). Peringatan Harganas 2022 akan diadakan di Kota Medan, Sumatera Utara.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai Hari Keluarga Nasional 2022.

Peringatan Hari Keluarga Nasional 2022

Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022 diselenggarakan secara daring dan luring.

Peringatan Harganas 2022 akan diadakan di Kota Medan, Sumatera Utara pada (29/6/2022). Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto mengatakan momentum Harganas 2022 harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia.

"Optimalisasi delapan fungsi keluarga, yakni: agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan," kata Deputi Agus dalam keterangan resminya, yang dikutip detikcom, Selasa (28/6/2022).

Beberapa kegiatan pada Harganas 2022 adalah sesi program-program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh masing-masing kementerian dan lembaga, dalam urusan membangun ketahanan keluarga dan keluarga bebas stunting.

Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal (29/6). Peringatan Harganas 2022 akan diadakan di Kota Medan, Sumatera Utara.Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal 29 Juni. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat)

Tema dan Tagar Hari Keluarga Nasional 2022

Hari Keluarga Nasional 2022 menjadi momentum yang menyoroti Percepatan Penurunan Stunting dengan mengoptimalkan peran bimbingan keluarga. Hal ini menjadikan Harganas 2022 sebagai ajang sosialisasi kepada keluarga tentang masalah stunting.

Tema dan Tagar dari Hari Keluarga Nasional 2022 adalah:

  • Tema: Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting
  • Tagar: #KeluargaKerenCegahStunting.

Pemilihan tema tersebut dilandasi dari keadaan angka prevalensi stunting di Indonesia sebesar 24,4%. Ada target besar untuk mencapat angka stunting 14% pada 2022.

Oleh karena itu, Deputi Agus menyebutkan jika keluarga menjadi tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Misalnya, dengan pencegahan sebelum perkawinan sampai 1000 hari fase kehidupan.

Agus menambahkan bahwa Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

Hari Keluarga Nasional 2022: Soroti Peran Bimbingan Perkawinan Dalam Angka Stunting

Dilansir dari situs resmi Paud Pedia Kemdikbud, keluarga adalah unsur lembaga atau unit sosial terkecil yang ada di lingkup masyarakat. Keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak.

Asisten Deputi Kemenko PM, Indah Suwarni mengatakan untuk membangun ketahanan dan kesejahteraan keluarga salah satunya dengan Bimbingan Perkawinan (Bimwin). Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menyiapkan ketahanan keluarga yang sejahtera.

"Bimbingan perkawinan melibatkan para ahli terkait seperti dari psikologi, spiritual, ekonomi, dan kesehatan," kata Indah melalui Rapat Koordinasi Implementasi Bimbingan Perkawinan di Daerah, dikutip detikcom, Selasa (28/6/2022).

Pelaksanaan bimbingan perkawinan yang disoroti dalam Harganas 2022 dilakukan berdasarkan agama dan kepercayaan dari calon pengantin, seperti di agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Khong Hu Chu dan kepercayaan lainnya. Hal ini dilakukan karena masing-masing agama memiliki bimbingan tersendiri.

Adanya penyiapan untuk keluarga melalui Bimwin, merupakan salah satu kunci untuk mempercepat penurunan stunting di Indonesia.

"Apalagi kita harus mengejar 14 persen stunting. Oleh karena itu kita juga harus menggawangi dari segi pernikahannya," pungkas Indah.

Dalam mempersiapkan Hari Keluarga Nasional 2022, Kemenko PMK juga bekerjasama dengan lembaga lainnya untuk melangsungkan peringatan Harganas 2022, antara lain:

  • BKKBN
  • Kemensos
  • Kemenkes
  • KemenPPPA
  • Kementerian PUPR
  • Kemenkop UKM
  • Kemendikbudristek
  • Kemensetneg
  • Setkab
  • Kominfo
  • Komendes PDTT
  • Pemda Sumatera Utara

Sejarah Penetapan Hari Keluarga Nasional

Mengutip dari laman Paud Pedia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), peringatan Harganas telah dilakukan sejak tahun 1993. Adanya Harganas sebagai hari besar Nasional RI ditetapkan melalui baleid Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional.

Demikian informasi peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 pada 29 Juni mendatang. Semoga bermanfaat!

Lihat juga video 'Sosok Keluarga Kura-kura yang Keliling Indonesia dengan Karavan':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT