ADVERTISEMENT

Jubir Yenny Wahid Tuding Cak Imin 3 Kali Blunder Jelang Pilpres 2024

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 13:40 WIB
Cak Imin
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Dok. PKB)
Jakarta -

Juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid, menilai Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiga kali membuat blunder dalam menghadapi Pilpres 2024. Imron mengatakan 3 blunder tersebut bakal menjadi beban bagi mereka yang ingin menggandeng Cak Imin di 2024.

Imron menjabarkan 3 blunder Cak Imin versinya. Imron menyebut Cak Imin tak hadir dalam acara pelantikan pengurus PBNU 2022-2024 di Kalimantan Timur.

"Muhaimin Iskandar tidak menghadiri acara pelantikan PBNU di Kalimantan Timur. Baru pertama kali dalam sejarah Ketua Umum PKB tidak hadir dalam acara pelantikan PBNU. Padahal selama ini PKB selalu mengklaim sebagai partai yang dibidani NU," kata Imron dalam keterangan tertulis, Selasa (28/6/2022).

Blunder kedua, menurut Imron, terjadi saat Cak Imin menyatakan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf tidak mempunyai pengaruh di akar rumput. Padahal, menurut Imron, apa yang disampaikan Cak Imin berbeda 180 derajat dengan fakta.

"Muhaimin Iskandar melakukan delegitimasi terhadap Ketua Umum PBNU melalui pernyataannya bahwa KH Yahya Cholil Staaquf tidak memiliki pengaruh di akar rumput," kata Imron.

"Pernyataan ini akan berhadapan dengan fakta bahwa banyak program pemerintah yang sekarang dan sedang dikerjasamakan dengan PBNU, yang mendapatkan respons luar biasa di akar rumput yang menjadi basis konstituen PKB," imbuhnya.

Blunder ketiga Cak Imin versi Imron adalah memulai 'permusuhan' dengan Yenny Wahid. Imron menuturkan Yenny Wahid begitu dihormati oleh masyarakat konstituen PKB.

"Muhaimin Iskandar melalui twitnya membuka front dengan melecehkan Mbak Yenny Wahid, putri Gus Dur sekaligus cicit pendiri Nahdlatul Ulama Hadratus Syech Hasyim Asy'ari. Keluarga dan Dzurriyah Hadratus Syech Hasyim Asy'ari, siapa pun dia, sangat dihormati di kalangan konstituen PKB," katanya.

Yenny Wahid di Masjid Al Fataa, Menteng, Jakarta, Selasa (28/6/2016).Yenny Wahid di Masjid Al Fataa, Menteng, Jakarta, Selasa (28/6/2016). (Ari Saputra/detikcom)

Imron meyakini tiga blunder tersebut bakal berimbas terhadap pihak-pihak yang bekerja sama dengan Cak Imin di 2024.

"Tiga langkah blunder ini akan menjadi beban bagi siapa pun capres yang ingin menggandeng Cak Imin dalam Pilpres 2024," ujarnya.

Seperti diketahui, Cak Imin dan Yenny Wahid sudah sejak dulu tidak akur dan kerap berselisih. Dan beberapa hari lalu perselisihan mereka kembali mencuat.

Awalnya Yenny yang menyindir Cak Imin soal niat maju jadi capres. Sindiran Yenny pun dibalas oleh Cak Imin. Saling sindir antarkeduanya masih terjadi.

Lihat juga video 'Bela Cak Imin, Waketum PKB: PKB Hanya 1, Yenny Wahid Bukan Kader':

[Gambas:Video 20detik]




Simak respons PKB atas pernyataan-pernyataan Yenny Wahid tentang Cak Imin di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT