ADVERTISEMENT

Lagi! BRI Gelar Desa Brilian 2022, Targetkan Pelatihan ke 1.000 Desa

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 11:21 WIB
Desa Sukalaksana terpilih sebagai juara satu dan meraih penghargaan Desa BRILIan Indonesia 2021, Selasa, (14/12/2021).
Foto: Rengga Sancaya

Tahapan Program Desa Brilian

Program Desa Brilian memiliki tiga tahapan, antara lain Tahap pertama berupa Tahap Empowerment. Tahapan kedua adalah Assistance dan tahapan ketiga Adalah Graduation.

Dalam tahap Empowerment, desa diberikan pelatihan soft competencies maupun hard competencies untuk membangun mindset membangun desa. Terdapat 5 materi empowerment yang sangat relevan yang perlu dikuasai oleh perangkat desa, pengurus BUMDes, dan pelaku UMKM di desa, antara lain

1. Kepemimpinan (leadership)

2. Penguasaan Kompetensi Manajerial

3. Entrepreneurship

4. Teknik Komunikasi

5. Penguasaan Aspek Tanggung Jawab Sosial

Begitu Tahapan Empowerment selesai, selanjutnya desa peserta akan dinilai oleh Pelaksana Pendampingan Desa Brilian melalui Tahapan Graduation. Dalam tahapan ini, akan dipilih 10 Desa Terbaik yang akan mendapatkan keuntungan dengan diinkubasi oleh Inkubator Bisnis KKIB Undip dalam program Pengembangan Desa.

Selain itu, desa juga akan dibantu dan didampingi dalam mengembangkan Website Desa. Keuntungan lainnya, desa akan mendapatkan Bantuan Pengembangan Desa senilai Rp 10 juta untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa dalam bentuk peralatan yang dibutuhkan oleh BUMdes untuk mengembangkjan potensi bisnisnya.

Setelah tahap Graduation, Program Pendampingan Desa Brilian ini ditutup dengan Tahap Asistensi Desa Brilian. Tahap ini merupakan aktivitas pendampingan intensif peserta Desa Brilian, akan dipilih 10 Desa Brilian terbaik di setiap batch-nya.

Pelaksanaan pendampingan ini dilakukan secara online dan onsite dengan pelaksanaan minimal 12 kali dalam waktu 3 bulan. Dalam asistensi ini akan diberikan minimal 1 orang tenaga pendamping untuk setiap desa.

Desa-Desa Brilian terbaik dari tiap batch di Program Desa Brilian 2022 akan kembali diseleksi dan diberikan apresiasi pada acara Pagelaran Desa Brilian 2022 yang menjadi event puncak Program Desa Brilian Bank BRI. Juara Desa Brilian 2022 akan menerima piala bergilir Desa Brilian BRI yang sebelumnya dimenangkan oleh Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.


(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT