ADVERTISEMENT

Momen Akrab PM Inggris 'Tinju' Lengan Jokowi di Sela-sela KTT G7

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 08:52 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan PM Inggris Boris Johnson di sela-sela KTT G7 di Jerman dengan penuh suasana keakraban. Ada momen yang terekam video saat Boris Johnson 'meninju' lengan Jokowi dalam pertemuan itu.

Momen pertemuan Jokowi dan Boris Johnson itu dilihat dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/6/2022). Boris Johnson awalnya datang ke sebuah ruangan dan Jokowi langsung menyambutnya.

Keduanya lalu duduk di atas sofa yang sama saling berhadapan. Boris Johnson kemudian menanyakan kabar Jokowi. Dia mengaku senang bertemu dengan Jokowi sambil 'meninju' tangan Jokowi.

"Saya sangat senang bertemu denganmu," kata Boris Johnson kepada Jokowi.

Merespons hal itu, Jokowi tampak tersenyum. Jokowi juga menjawab dengan 'Ya'.

Presiden Jokowi bertemu dengan PM Inggris Boris JohnsonPresiden Jokowi bertemu dengan PM Inggris Boris Johnson (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain itu, Boris Johnson tampak menyapa Menlu RI Retno Marsudi yang hadir mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu. Hadir juga Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Menlu Retno mengatakan kedua pemimpin mengapresiasi kuatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Inggris. Dalam pertemuan itu, kata Retno, Boris Johnson mengatakan road map untuk kerja sama bilateral sudah ada.

"Dengan sudah adanya road map tersebut, maka akan lebih mudah untuk memperkuat hubungan kedua negara," kata Retno seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Hal lain yang disampaikan Jokowi dan Boris Johson adalah keduanya bersepakat memperkuat kerja sama di bidang energi baru terbarukan (EBT) dan ketahanan pangan.

Selain bertemu Boris Johnson, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara lain, yaitu PM India Narendra Modi, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan PM Kanada Justin Trudeau.

(knv/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT