ADVERTISEMENT

Pasutri di Cirebon Ditangkap Gegara Produksi dan Jual Uang Palsu

Ony Syahroni - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 02:45 WIB
Polisi tangkap pengedar uang palsu
Polres Cirebon tangkap pasutri pengedar uang palsu (Foto: Ony Syahroni)
Jakarta -

Polres Cirebon Kota menangkap pasangan suami istri (pasutri) asal Kabupaten Indramayu yang memproduksi dan menjual uang palsu. Ada satu pelaku lainnya yang juga turung diamankan karena membeli uang palsu produksi pasutri itu.

Dilansir dari detikJabar, Selasa (28/6/2022), ketiga tersangka yang diamankan adalah DM (37), US (32) dan FA (14). Pelaku DM dan US merupakan sepasang suami-istri. Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar mengatakan dalam kasus peredaran uang palsu, ketiga tersangka itu memiliki perannya masing-masing.

"Jadi tersangka DM dan US ini adalah produsen sekaligus penjual. Sementara tersangka FA adalah pembeli uang palsunya. Pembeliannya dilakukan melalui media sosial," kata Fahri Siregar di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Senin (27/6).

Terbongkarnya kasus ini bermula saat tersangka berinisial FA (14) membelanjakan uang palsu tersebut ke sebuah warung. Merasa curiga jika uang yang diterima adalah uang palsu, pemilik warung kemudian berusaha mencari pelaku dan melaporkannya ke polisi.

"Awalnya adalah saat tersangka FA ini membeli rokok di sebuah warung. Setelah dicek oleh pemilik warung, ternyata uang yang diterima adalah uang palsu. Selanjutnya korban (pemilik warung) berusaha mencari tersangka FA dan akhirnya tersangka ditemukan di tempat kerjanya, setelah itu dilaporkan ke Polsek Kesambi," kata Fahri.

"Selanjutnya, Polsek Kesambi berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Cirebon Kota, kita sama-sama melakukan penyelidikan dan akhirnya diketahui keberadaan tersangka DM dan US. Mereka adalah pasangan suami-istri. Mereka diamankan saat berada di salah satu pusat perbelanjaan," kata Fahri menambahkan.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga 'Polisi Ringkus 12 Tersangka Pengedar Uang Palsu Jaringan Jakarta & Jatim':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT