ADVERTISEMENT

Izin Bermasalah Holywings Ditemukan Saat Pemprov Usut Kasus Promo Miras

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 20:30 WIB
Suasana Holywings Tebet Sabtu (16/10) malam.
Holywings (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan izin Holywings dicabut gegara masalah pada dokumen perizinan. Masalah itu diketahui setelah kasus promo minuman keras bagi Muhammad-Maria mencuat.

Ahmad Riza Patria mengatakan ada koordinasi Pemprov DKI Jakarta dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di kasus pencabutan izin tersebut tersebut.

"Ya memang setelah dicek ada beberapa syarat yang tidak memenuhi administrasinya. Memang kan semua itu kan perlu ada evaluasi pengecekan, memang berawal dari kasus promo miras. Atas dasar itu, kami merekomendasikan PTSP, PTSP merekomendasikan ke BKPN sesuai UU Ciptaker," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (26/6/2022).

"Terkait ada administrasi, izin-izin yang belum lengkap itu juga menjadi salah satu penyebabnya," lanjutnya.

Riza menegaskan pencabutan izin Holywings karena adanya beberapa syarat yang bermasalah. "Ya memang setelah dicek ada beberapa yang tidak memenuhi syarat administrasinya," katanya.

Riza menuturkan terkait kasus hukum sedang berjalan di kepolisian. Dia mengimbau agar pelaku usaha untuk berhati-hati dan bijak dalam mengeluarkan promo.

"Terkait kasusnya pidananya di kepolisian dan sudah enam tersangka. Kita ikuti ketentuan hukum. Kita minta siapa pun kafe, restoran, tempat usaha lainnya, dan seluruh warga Jakarta ke depan kita lebih hati-hati lagi, lebih bijak lagi melakukan upaya promosi. Harus kreatif-inovatif tapi jangan melanggar," imbuhnya.

Izin 12 Outlet Holywings di Jakarta Dicabut

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencabut izin usaha semua outlet Holywings yang ada di Jakarta. Pencabutan izin dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta.

Pencopotan dilakukan berdasarkan rekomendasi dan temuan pelanggaran dari dua organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DPPKUKM) Provinsi DKI Jakarta. Total ada 12 outlet Holywings di Jakarta yang izinnya dicabut.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi mencabut izin usaha seluruh outlet Holywings yang ada di Jakarta. Sesuai arahan Gubernur untuk bertindak tegas, sesuai ketentuan dan menjerakan, serta mendasarkan pada rekomendasi dan temuan dua OPD Pemprov DKI Jakarta, maka kami selaku Dinas PM-PTSP mencabut izin usaha 12 outlet Holywings di Jakarta sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta Benny Agus Chandra melalui keterangan tertulis.

Berikut ini ke-12 outlet Holywings di Jakarta yang dicabut izin usahanya:

1. Holywings yang berada di Kelurahan Tanjung Duren Utara
2. Holywings Kalideres
3. Holywings di Kelapa Gading Barat
4. Tiger
5. Dragon
6. Holywings PIK
7. Holywings Reserve Senayan
8. Holywings Epicentrum
9. Holywings Mega Kuningan
10. Garison
11. Holywings Gunawarman
12. Vandetta Gatsu.

(dek/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT