ADVERTISEMENT

Belasan Sapi Kurban di Pasar Rebo Jaktim Terindikasi Kena PMK

Antara News - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 16:51 WIB
Pemeriksaan kesehatan hewan kurban digencarkan di wilayah Tangerang. Hal itu dilakukan guna mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
Ilustrasi pemeriksaan PMK pada hewan ternak (ANTARA FOTO/FAUZAN)

3 Sapi Bergejala PMK di Koja

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Jakarta Utara melaporkan temuan tiga ekor sapi bergejala PMK. Ketiga sapi itu langsung diisolasi dan dipisahkan kandang dengan hewan ternak lainnya.

"Ditemukan ada tiga ekor sapi dengan gejala klinis PMK itu adalah lesi pada gusi pokoknya gusinya, nostril (bagian hidung) kaki itu adanya di tempat penampungan atas nama Pak Fadil di daerah Tugu," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakut Unang Rustanto, Jumat (25/6).

Hal itu ditemukan setelah petugas Suku Dinas KPKP memeriksa hewan ternak di salah satu lokasi penampungan di Koja, Jakut.

Staf Pemeriksa Hewan Kurban dari Dinas KPKP Jakarta Utara, Agus, menuturkan pihaknya telah melaporkan temuan ini melalui aplikasi integrated Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS). Nantinya, petugas dari Balai Besar Penelitian Veteriner bakal mengambil sampel untuk pengujian klinis.

Ketiga sapi yang merupakan suspek PMK berasal dari Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ketiga sapi bakal diisolasi selama 14 hari. Sampai hasil pengujian klinis keluar, ketiga sapi itu masih berstatus sebagai suspek PMK.


(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT