ADVERTISEMENT

Cerita Panda Nababan soal Jokowi Tak Nyaman Tinggal di Istana Merdeka

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 16:49 WIB
Istana Merdeka Jakarta Pusat
Istana Merdeka, Jakarta (YouTube Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Panda menduga, Jokowi saat itu juga belum terlalu yakin dengan lingkungan sekitar Istana Merdeka. Selain itu, menurutnya, hawa yang sejuk dan lingkungan yang asri mungkin menjadi pertimbangan Jokowi mengapa memilih tinggal di Istana Bogor.

"Berdasarkan pengalaman saya, berkunjung ke Istana Merdeka dengan berkunjung ke Istana Bogor memang ada perbedaan dari sisi pengamanan. Kalau datang ke Istana Bogor, pengamanannya lebih ketat: sebelum datang sudah ditanya jenis mobil dan nomor polisinya. Pintu masuk tamu pun tidak dari gerbang utama, ada pintu khusus. Pemeriksaan fisik kepada tamu juga sangat cermat. Tapi, kalau ke Istana Merdeka atau Istana Negara, kadang handphone bisa masuk. Jadi tidak ada standar baku yang jelas," papar dia.

Jokowi Nyaman di Istana Bogor

Andi Widjajanto, yang saat itu masih menjabat Seskab, pernah bicara soal kecenderungan Jokowi tinggal di Istana Bogor. Menurut Andi, Jokowi nyaman tinggal di sana.

"Karena Presiden sering gunakan Bogor, Presiden nyaman dengan lingkungan Istana Bogor," kata Seskab Andi Widjajanto pada 10 Februari 2015.

Jokowi juga pernah bicara soal kecenderungannya tinggal di Istana Bogor. Jokowi merasa lebih nyaman dengan lingkungan Istana Bogor.

"Memang, kalau dibandingkan itu, di Bogor ini lebih tenang, udaranya lebih sejuk. Di sini kalau kita lihat pagi-pagi, atau habis Subuh itu, pasti yang namanya burung, kita juga memelihara, ayam, katak, rusa yang lebih dari 800, itu bersuara. Jadi memberikan kejernihan kita dalam berpikir," kata Jokowi dalam sebuah wawancara dengan detikcom pada Jumat, 26 Mei 2017.

Bagi Jokowi, Istana Bogor benar-benar istimewa. "Sejarahnya, kisah-kisah di dalamnya, bangunannya, karya seni lukisan dan patung-patung, furnitur klasik, juga rusa-rusa yang berkeliaran di halamannya. Semua istimewa dan tak ternilai. Juga membuat kita berbangga menjadi Indonesia," kata Jokowi melalui akun Facebook @Jokowi

Momen Jokowi Sambut Bos WHO di Istana Merdeka


(mae/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT