ADVERTISEMENT

Perpanjangan Paspor Online Daftar Lewat M-Paspor, Cek Panduannya

Syena Meuthia - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 16:19 WIB
Perpanjangan paspor online dapat dilakukan lewat aplikasi. Berikut ini cara-cara perpanjangan paspor melalui aplikasi M-Paspor.
Perpanjangan Paspor Online Melalui Aplikasi M-Paspor, Cek Panduannya di Sini (Foto: detikcom/Ari Saputra)
Jakarta -

Perpanjangan paspor online dapat dilakukan dengan mendaftar dulu melalui aplikasi. Setelah kembali dibukanya kunjungan beberapa negara, banyak masyarakat yang membutuhkan perpanjangan paspor untuk datang ke luar negeri.

Lalu, bagaimana mekanisme perpanjangan paspor secara online? Cek informasi perpanjangan paspor online di bawah ini.

Cara Perpanjangan Paspor Online, Daftar Melalui M-Paspor

Apabila kalian akan bepergian ke luar negeri, pengecekan masa kadaluwarsa paspor adalah salah satu hal yang penting. Biasanya, dokumen paspor memiliki masa berlaku lima tahun.

Dikutip dari laman resmi Imigrasi, perpanjangan paspor online bisa dilakukan dengan mendaftar dulu di aplikasi layanan keimigrasian terbaru, yaitu Mobile Paspor (M-Paspor). Layanan ini menawarkan kepraktisan pengumpulan berkas hanya dengan mengunggah scan dokumen ke aplikasi.

Lalu bagaimana tahapan perpanjangan paspor online melalui M-Paspor hingga berhasil menerima paspor baru? Cek tahapannya sebagai berikut.

  1. Unduh dan install aplikasi M-Paspor di smartphone Android/iOS
  2. Buka aplikasi M-Paspor, kemudian daftarkan akun pengguna pada tombol "Masuk", kemudian "Daftar Akun" dengan E-mail dan password.
  3. Isikan data diri pada form, lalu klik "Daftar"
  4. Setelah itu, pemohon akan menerima kode OTP melalui E-Mail. Isi pada kolom di aplikasi dengan kode OTP yang diterima, kemudian setujui seluruh syarat dan ketentuan yang muncul pada layar
  5. Ajukan permohonan paspor dengan klik tombol "Pengajuan Permohonan"
  6. Kemudian, isi kuesioner dengan benar dan unggah beberapa dokumen sebagai lampiran. Dokumen yang dilampirkan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor lama, Kartu Keluarga (KK) serta akta lahir atau ijazah sebagai syarat perpanjangan paspor online
  7. Setelah kuesioner diisi, pada halaman Data Pemohon akan menampilkan ringkasan data diri
  8. Pastikan ringkasan diri kalian telah sesuai dengan identitas lain yang telah dimasukkan. Pada halaman ini, pengguna bisa menambahkan pemohon lainnya dengan mengklik "Tambah Pemohon di sisi kanan atas". Jika sudah, klik tombol "Lanjutkan"
  9. Pilih lokasi kantor imigrasi, jadwal paspor akan diproses, dan jumlah pemohon. Jangan lupa untuk menyalakan pengaturan lokasi pada perangkat Anda. Setelah memilih, klik lanjut
  10. Masuk pada tahapan pembayaran dengan klik informasi permohonan paspor yang muncul di beranda. Lalu, akan muncul tagihan dalam format file PDF. Pembayaran perpanjangan paspor online bisa dilakukan melalui kanal-kanal yang tersedia
  11. Datanglah ke kantor imigrasi untuk melalukan wawancara petugas. Kalian tetap harus membawa dokumen asli persyaratan permohonan paspor untuk diperlihatkan kepada petugas. Lalu, petugas akan mengecek keabsahan dokumen yang sudah diinput datanya melalui Aplikasi M-Paspor ketika wawancara.

Dilansir dari laman resmi Imigrasi, bagi pemohon yang sudah membayar kode billing dapat melakukan perubahan tanggal kedatangan ke kantor Imigrasi, dengan mengklik informasi permohonan yang tertera di beranda aplikasi.

Perpanjangan paspor online dapat dilakukan lewat aplikasi. Berikut ini cara-cara perpanjangan paspor melalui aplikasi M-Paspor.Perpanjangan paspor online dapat dilakukan lewat aplikasi M-Paspor. (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Cara Pembuatan Paspor Online

Aplikasi M-Paspor juga bisa digunakan untuk pembuatan paspor online. Mengutip dari laman instagram resmi Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, berikut cara membuat paspor online.

  1. Unduh aplikasi M-Paspor dan daftarkan diri
  2. Unggah berkas persyaratan
  3. Pilih kantor imigrasi dan jadwal kedatangan
  4. Lakukan pembayaran di bank (offline/online)
  5. Datang ke kantor Imigrasi untuk proses wawancara dan rekam biometrik
  6. Paspor dapat diambil atau dikirim ke rumah kamu melalui PT. Pos Indonesia.

Demikian informasi perpanjangan paspor online dan pendaftaran paspor online menggunakan M-Paspor. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT