ADVERTISEMENT

Anies Ganti 22 Nama Jalan, Djarot: Kalau Saya Kritik, Nanti Ada yang Marah

M Hanafi - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 15:01 WIB
Djarot Saiful Hidayat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom).
Djarot Saiful Hidayat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Sebelumnya, Anies mengubah 32 nama jalan hingga gedung di Jakarta. Puluhan nama jalan dan gedung itu diganti dengan nama tokoh Betawi ataupun tokoh Jakarta.

Hal ini berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 565 Tahun 2022 tentang Penetapan Nama Jalan, Gedung, dan Zona dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta. Kepgub itu ditandatangani Anies pada 17 Juni 2022.

"Menetapkan nama jalan, gedung, dan zona dengan nama Tokoh Betawi dan Jakarta sebagaimana tercantum dalam lampiran," demikian bunyi diktum kesatu Kepgub yang dilihat, Minggu (26/6).

Adapun perubahan nama sesuai dengan penilaian dari tim pertimbangan. Selanjutnya, Anies menugaskan jajarannya, yaitu para wali kota, Bupati Kepulauan Seribu, Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, melaksanakan keputusan ini.

"Keputusan Gubernur ini berlaku pada tanggal ditetapkan," demikian bunyi diktum ketiga.

Dilihat detikcom, 32 nama jalan hingga gedung itu tersebar di enam wilayah kota dan kabupaten di Jakarta. Selain itu, ada nama zona yang nantinya dibangun perkampungan Betawi maupun sekolah.

Anies Baswedan pun mengklaim pergantian nama jalan tak akan mempersulit warga. Dia mengatakan pengurusan dokumen bagi warga yang terdampak pergantian nama jalan tidak akan dipungut biaya.

"Pesan utama, ini tidak akan merepotkan bagi warga, semua pergantian akan dilakukan secara proaktif, Dukcapil terkait kependudukan. Nanti ada pengurusan, datang baru berganti," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (27/6).


(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT