ADVERTISEMENT

20 Ribu Warga DKI Diperkirakan Ganti KTP Usai Perubahan Nama Jalan

Indra Komara - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 13:07 WIB
Jalan Mpok Nori dan Jalan H. Bokir bin Djiun menghiasi sejumlah ruas jalan di kawasan Jakarta Timur. Seperti apa penampakannya? Lihat yuk fotonya.
Penampakan Jalan Mpok Nori-Bokir yang Kini Hiasi Jalanan Jakarta (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah sejumlah nama jalan di ibu kota dengan tokoh Betawi. Sebanyak 50 ribu blanko e-KTP disiapkan untuk pergantian KTP baru warga terdampak.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dirjen Dukcapil untuk kesiapan blanko KTP-el sejumlah 50 ribu blanko, perkiraan kami yang terdampak tidak lebih 50.000 blanko," ujar Kadis Dukcapil DKI Budi Awaluddin kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Budi mengatakan meski disiapkan 50 ribu blanko e-KTP, diperkirakan warga terdampak hanya 20 ribu orang. Puluhan ribu blanko e-KTP itu disiapkan untuk warga yang terdampak perubahan nama jalan di lima wilayah kota Jakarta dan satu kabupaten.

"Untuk warga terdampak diperkirakan di angka 20 ribuan," ujar Budi.

Anies sebelumnya menegaskan warga tidak dibebani biaya dalam mengurus dokumen kependudukan buntut nama jalan diganti. Dia mengatakan perubahan data kependudukan dan data lainnya akan dilakukan secara bertahap.

"Terkait dengan adanya perubahan nama-nama jalan di Jakarta yang perubahan ini konsekuensi yang diduga membebani masyarakat, kami ingin tegaskan bahwa semua perubahan itu tidak membebani biaya maupun yang lain," kata Anies.

"Perubahan itu semua yang masih tercatat tetap berlaku dan sambil jalan nanti bertahap dilakukan perubahan. Jadi misalnya kependudukan ketika mengurus KTP baru maka bisa berganti dengan nama jalan yang baru," lanjutnya.

Anies menuturkan, bagi warga yang nama jalannya diubah dan belum melakukan perubahan, data lama masih tetap berlaku. Dia menyebut warga juga bisa langsung melakukan perubahan dengan mendatangi kantor Disdukcapil.

Anies berharap tidak ada lagi kesimpangsiuran di masyarakat terkait perubahan nama jalan. Dia ingin masyarakat tetap tenang.

"Jadi semua aspek itu insyaallah tidak akan membebani dan kita berharap dengan begitu, kesimpangsiuran informasi yang sempat kemarin muncul bisa diklarifikasi sehingga masyarakat merasa tenang dan kami bisa memberikan kepastian kepada semuanya," kata Anies.

Simak video 'Urus STNK Gratis Bagi Warga DKI Terdampak Perubahan Nama Jalan':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT