ADVERTISEMENT

Negara G7 Apa Saja? Cek Daftar Negara Anggota G7 di Sini

Syena Meuthia - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 12:37 WIB
Negara G7 Apa Saja?

(L-R) Italian Prime Minister Mario Draghi, President of the European Commission Ursula von der Leyen, US President Joe Biden, German Chancellor Olaf Scholz, British Prime Minister Boris Johnson, Canadian Prime Minister Justin Trudeau, Japanese Prime Minister Fumio Kishida, French President Emmanuel Macron and President of the European Council Charles Michel pose for an informal group photo standing at a bench after a working dinner during the G7 Summit held at Elmau Castle, southern Germany on June 26, 2022. (Photo by Markus Schreiber / POOL / AFP)
Negara G7 Apa Saja? Cek Daftarnya di Sini (Foto: AFP/MARKUS SCHREIBER)
Jakarta -

Negara G7 apa saja? Presiden Joko Widodo saat ini sedang berada di Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 2022. Kegiatan KTT G7 berlangsung selama 2 hari di Jerman.

Lantas, negara G7 apa saja yang tergabung dalam KTT G7 tersebut? Cek infonya di bawah ini.

Negara G7 Apa Saja? Simak Daftarnya di Sini

Dikutip dari laman resmi G7 Summit, penyelenggaran KTT G7 diadakan di Schloss Elmau, Jerman pada 26 - 28 Juni 2022. KTT G7 2022 adalah konferensi yang memberikan kesempatan untuk mengirimkan sinyal persatuan yang kuat di masa-masa yang bergejolak ini, mengadvokasi kemajuan, kemakmuran, perdamaian, dan keamanan.

Ada 7 negara yang tercatat sebagai anggota G7 (Group of Seven). Negara-negara tersebut antara lain:

  1. Kanada
  2. Prancis
  3. Jerman
  4. Italia
  5. Jepang
  6. Inggris
  7. Amerika Serikat.

Negara G7 apa saja? Hal ini berkaitan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 2022.Negara G7 apa saja? Tahun ini, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 2022 dilaksanakan di Jerman. Foto: DW (News)

Sesi Kerja KTT G7 2022 di Jerman

Pembahasan KTT G7 tahun ini akan menjadi solidaritas dan kerja sama yang erat untuk memitigasi dampak perang Rusia melawan Ukraina. Di samping itu, tujuan KTT G7 juga untuk membahas perekonomian.

"Uni Eropa dan G7 memiliki tujuan yang sama: menghentikan mesin perang Rusia, sekaligus melindungi ekonomi kita dan mitra kita," tulis Presiden Dewan Eropa, Charles Michel pada situs G7 Summit, yang dilihat detikcom, Senin (27/6/2022).

Kepresidenan Jerman juga telah mengundang para pemimpin dari negara lain untuk mengikuti KTT G7, antara lain Argentina, India, Indonesia, Senegal dan Afrika Selatan. Tujuh sesi kerja KTT 2022 akan fokus pada berbagai topik, seperti:

  • Ekonomi global
  • Kemitraan untuk negara berkembang
  • Kebijakan luar negeri dan keamanan
  • Keberlanjutan
  • Ketahanan pangan
  • Multilateralisme
  • Transformasi digital.

Presiden Jokowi Hadiri KTT G7 di Jerman

Dilansir dari laman resmi Presiden Republik Indonesia, Presiden Jokowi bertolak ke Jerman pada Minggu (26/6/2022) untuk menghadiri KTT G7. Indonesia diketahui hadir sebagai negara mitra G7 atau partner country dari G7 yang diundang untuk menghadiri KTT G7, sekaligus dalam kapasitasnya sebagai pemegang presidensi G20.

Sebelum melakukan penerbangan ke Jerman, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dalam KTT G7 2022 akan mendorong dan mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina. Kemudian, ajakan lainnya untuk mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan krisis energi yang sedang melanda di dunia.

Melansir Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Munich pada Senin (27/6/2022) sekitar pukul 18.40 waktu setempat. Kedatangan Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo langsung disambut oleh beberapa petinggi di berbagai negara dan pasukan yang menggunakan pakaian adat Bavaria.

Beberapa petinggi yang menyambut Jokowi dan Iriana antara lain:

  • Menteri Eropa dan Internasional Negara Bagian Bavaria, Melanie Huml
  • Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno beserta istri
  • Atase Pertahanan RI, Kolonel Budi Wibowo beserta isri

Setelah dari bandara, Presiden Jokowi, Ibu Iriana, dan rombongan dari Indonesia langsung menuju ke hotel tempat bermalam dengan menggunakan mobil. Di hotel, nampak Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang tiba lebih awal untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi di Jerman.

Jokowi akan mengikuti KTT G7 di Istana Ellmau pada Senin (27/6/2022) waktu setempat. Dalam kunjungannya ke KTT G7, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Agung.

Sejarah Penyelenggaraan KTT G7

Dilansir dari laman resmi G7 Summit, penyelenggaraan KTT G7 diawali pada tahun 1977. Pada tahun tersebut, perwakilan dari Komunitas Uni Eropa (UE) mulai berpartisipasi dalam KTT London.

Awalnya, peran UE terbatas pada bidang-bidang di mana ia memiliki kompetensi eksklusif, tetapi peran ini telah berkembang dari waktu ke waktu. Kemudian, Uni Eropa secara bertahap telah dimasukkan ke dalam semua diskusi politik pada agenda KTT.

Sejak KTT Ottawa (1981), UE telah mengambil bagian dalam semua sesi kerja KTT. Sehingga secara keanggotaan G7, Uni Eropa memiliki semua tanggung jawab keanggotaan.

Ada beberapa kali rotasi kepresidenan pada negara G7, di antaranya:

  • Kanada pada 2018
  • Prancis pada 2019
  • AS pada 2020
  • Inggris pada 2021
  • Jerman pada 2022
  • Jepang pada 2023
  • Italia pada 2024.

Jadi, negara G7 apa saja? Keanggotaan negara G7 meliputi Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

Simak video 'Momen Pemimpin G7 Olok-olok Putin Telanjang Dada Naik Kuda':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT