ADVERTISEMENT

Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang Libatkan 17 Kendaraan, Ini 6 Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 10:50 WIB
Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang sempat menyebabkan lalu lintas di jalan tol tersendat. Kecelakaan ini terjadi Minggu (26/6/2022) kemarin.
Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Ini 6 Fakta Kejadiannya (Foto: Dian Firmansyah)
Jakarta -

Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang terjadi pada Minggu (26/6/2022) kemarin. Tabrakan beruntun ini melibatkan 17 kendaraan roda empat.

Berikut fakta-fakta kejadian kecelakaan beruntun tersebut.

Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang Libatkan 17 Mobil

Sebanyak 17 kendaraan alami tabrakan beruntun di Tol Cipularang Kilometer 92, Sukatani, Kabupaten Purwakarta arah Jakarta. Kecelakaan ini terjadi pada Minggu (26/6/2022) malam hari. Saat itu kondisi lalu lintas tol sedang padat.

Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang sempat menyebabkan lalu lintas di jalan tol tersendat. Kecelakaan ini terjadi Minggu (26/6/2022) kemarin.Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang terjadi Minggu (26/6/2022) kemarin. (Foto: Dian Firmansyah)

Kronologi Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang

Kecelakaan tersebut bermula saat sebuah bus dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya. Berdasarkan keterangan tertulis dari PT Jasa Marga, Senin (27/6/2022), berikut rincian kronologinya.

  • Pukul 20.20 WIB:
    Bus Laju Prima dengan nomor polisi B-7602-XA dari Bandung ke Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.
  • Pukul 21.50-23.34 WIB:
    Lalu lintas di jalan tol menjadi macet. Polisi melakukan pengalihan arus dari pukul 21.50 hingga 23.34 WIB. Kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar Padalarang Timur, kemudian masuk kembali melalui Gerbang Tol Jatiluhur.
  • Pukul 01.17 WIB:
    Lokasi kecelakaan telah bersih dan lalu lintas kembali normal. Kendaraan yang terlibat kecelakaan dibawa ke Pool Derek Jatiluhur.

Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang Km 92: Rem Bus Blong

Kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang Km 92 diduga akibat bus Laju Prima bernopol B-7602-XA mengalami rem blong. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong sehingga menabrak kendaraan di depannya," kata Denny dalam keterangan pers yang disampaikan Jasa Marga, Senin (27/6/2022).

Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang: 20 Orang Luka-luka

Berdasarkan keterangan AKP Denny sebelumnya, kecelakaan di Tol Cipularang Km 92 menyebabkan 20 orang luka-luka. Para korban dilarikan ke RS Abdul Radjak Purwakarta. Ini rinciannya.

  • 4 orang luka berat
  • 16 orang luka ringan.

Cerita Penumpang Bus Soal Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Melansir dari detikJabar, salah satu penumpang bus yang terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Ayi, menceritakan detik-detik terjadinya kecelakaan. Sebelum menabrak sejumlah kendaraan, bus yang ditumpanginya itu sempat oleng.

"Saya duduk di belakang, tiba-tiba nabrak bisnya oleng, saya lagi makan di belakang, Ya nabrak, kurang tau berapa (jumlah bis)," ujar Ayi yang dikutip detikcom, Senin (27/6/2022).

Deden, pengendara lain yang menjadi korban tabrakan juga memberikan kesaksian perihal kejadian tersebut. Mobil Deden adalah kendaraan ketiga yang tertabrak bus PO Laju Prima arah Bandung ke Jakarta.

"Kata saksi mata bis itu udah blong remnya sempat oleng juga, katanya dari skill juga kernetnya sudah ke belakang ngasih tahu sudah blong remnya," kata Deden Hidayat saat diwawancara.

Imbauan untuk Para Pengemudi Agar Selalu Mengecek Kendaraan

Pasca kecelakaan beruntun di Tol Cipularang kemarin, Denny mengimbau para pengemudi untuk selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat. Selain itu, mereka juga diimbau untuk menjaga kecepatan kendaraan.

"Kami mengimbau kepada para pengemudi bus agar selalu mengecek kondisi kendaraannya, terutama keberfungsian rem, menjaga kecepatan kendaraan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melakukan perjalanan, demi keamanan dan keselamatan bersama," kata AKP Denny.

Simak Video: Perkembangan Kasus Tabrakan Beruntun 17 Kendaraan di Tol Cipularang

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT