ADVERTISEMENT

Koalisi Sipil Demo Kedubes Malaysia Besok, Tuntut Keadilan untuk TKI Adelina

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 21:32 WIB
Majikan Malaysia dibebaskan dari kasus kematian ART Indonesia, Adelina Lisao, tak cerminkan rasa keadilan
Adelina Lisao (Foto: BBC World)

Adelina Lisao

Adelina Lisao merupakan perempuan Indonesia asal Abi, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Saat berumur 15 tahun pada tahun 2013, dia berangkat ke Malaysia untuk pertama kalinya menggunakan visa pelancong.

Majikan Adelina, Ambika MA Shan, sempat mengurus izin kerja Adelina untuk 1 tahun ke depan. Sehabis izin tersebut, Adelina kembali ke Indonesia.

Kemudian, Adelina kembali ke Malaysia menggunakan visa pelancong, dan bekerja untuk Jayavatiny Rajamnickam (anak dari Ambika) di Penang. Di tempat ini, dia bekerja ilegal lantaran majikannya tidak mengurus izin kerja, asuransi dan kontrak kerja.

Pada 10 Februari 2018, Kepolisian Seberang Perai Tengah menyelamatkan Adelina dari penyiksaan dan membawanya ke rumah sakit setelah menerima informasi dari tetangga yang mendengar Adelina mengerang kesakitan.

Ketika dievakuasi, Adelina disebut mengalami kurang gizi, luka parah (tangan dan kaki penuh luka bakar, wajah bengkak), dan ketakutan. Bahkan, dia disebut hampir tidak bisa berjalan dan diduga dipaksa tidur di beranda rumah bersama anjing - lantaran majikannya diduga tak mau cairan dari luka-luka di tubuhnya membuat kotor dalam rumah mereka.

Keesokan harinya, Adelina dinyatakan meninggal dunia, dengan dugaan Ambika melakukan penganiayaan. Hasil autopsi (post mortem) rumah sakit menunjukkan, penyebab kematian adalah kegagalan multiorgan sekunder karena anemia.


(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT