ADVERTISEMENT

Raih Rekor Muri, Gowes Presisi Nusantara Tempuh 508 Km Kurang 24 Jam

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 14:44 WIB
Gowes Presisi Nusantara Tempuh 508 Km Kurang 24 Jam (dok istimewa)
Gowes Presisi Nusantara menempuh 508 km kurang dari 24 jam memecahkan rekor Muri. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sebanyak 64 peserta Tim Gowes Presisi Khatulistiwa bersepeda dan menempuh jarak 508 km kini telah tiba di Akpol, Semarang. Upaya mereka menempuh rute Mabes Polri hingga Akpol dalam waktu kurang dari 24 jam itu diabadikan dalam catatan Museum Rekor Indonesia (Muri).

Rombongan peserta Gowes tersebut terdiri atas 2 tim, yaitu Tim Arjuna dan Tim Garuda. Kedua tim tersebut beranggotakan gabungan TNI Polri, sejumlah atlet, dan komunitas sepeda.

Memasuki Gerbang Tanggon Kosala Akpol pada Minggu (26/6/2022) pagi, pukul 05.14 WIB, kedatangan mereka disambut langsung oleh Gubernur Akpol Irjen Suroto beserta sejumlah pejabat utama dari Akpol dan Polda Jateng yang mengalungkan karangan bunga pada sejumlah peserta gowes.

Kadiv TIK Mabes Polri Irjen Slamet Uliandi, yang menjadi salah satu peserta, mengungkapkan maksud dan tujuan Gowes Presisi Khatulistiwa. Selain dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, tujuan Gowes Presisi Khatulistiwa juga untuk menyaring bibit-bibit muda atlet sepeda yang diharapkan bisa turun di event internasional.

"Upaya pemecahan rekor Muri juga bagian dari peningkatan ekonomi dan investasi di Indonesia, sepanjang jalur yang dilalui terus kami gelorakan dan juga melakukan baksos hingga menempuh jarak 508 km," ungkap Slamet dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).

Kadiv TIK Irjen Pol Slamet Uliandi (berbaju hitam). (dok istimewa)Kadiv TIK Irjen Slamet Uliandi (berbaju hitam). (Dok. Istimewa)

Slamet menerangkan, upaya pemecahan rekor tersebut tidaklah mudah. Apalagi, kata Slamet, jarak 508 km itu ditempuh dengan target waktu di bawah 24 jam.

"Medannya nggak gampang, 508 km ditempuh dengan target waktu di bawah 24 jam. Kami berangkat dari Mabes Polri setengah 6 pagi Sabtu kemarin, alhamdulillah Minggu pagi jam 05.15 WIB sudah sampai di Akpol," ujarnya.

Selain itu, Slamet menekankan, kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian dan investasi di Indonesia. Acara ini juga menggelar bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

"Dan pemecahan rekor MURI ini juga sebagai bagian dari pada peningkatan ekonomi dan investasi di Indonesia, karena di sepanjang jalur kita gelorakan terus kegiatan. Kita juga buat bansos selama Presisi Khatulistiwa 508," ucap Slamet.

Piagam pemecahan rekor dunia dan nasional itu langsung diserahkan oleh pihak MURI kepada Irjen Slamet Uliandi.

Hal senada juga disampaikan Karolog Polda Jateng Kombes Farid Bachtiar Effendi yang juga menjadi salah satu peserta tim Gowes Presisi Khatulistiwa. Rekor tersebut berhasil dipecahkan melalui kerja sama yang baik antar regu dalam tim gowes.

"Tim Garuda berisi anggota Polri dan TNI dan juga atlet, sedangkan Tim Arjuna terdiri dari TNI-Polri dan komunitas sepeda. Kedua, tim saling bekerjasama dengan baik sehingga rute sepanjang 508 km dapat ditempuh dengan lancar tanpa ada kendala," tuturnya.

Gowes Presisi Nusantara Tempuh 508 Km Kurang 24 Jam (dok istimewa)Gowes Presisi Nusantara tempuh 508 km kurang dari 24 Jam (dok istimewa)

Meski demikian, Farid mengaku tantangan terberat adalah saat tim melintas di rute Batang-Alas Roban pada malam hari. Kata Farid, saat itu tim terjebak hujan deras sehingga sempat berteduh di Pos Lantas Alas Roban.

"Tantang terberat saat melintas Alas Roban, sempat hujan deras hingga berteduh sementara di Pos Lantas Alas Roban. Namun alhamdulillah bisa segera melanjutkan perjalanan dan target waktu di bawah 24 jam bisa tercapai," ungkapnya.

Kegiatan bersepeda tersebut masih dalam satu rangkaian terkait dengan semangat menyambut Hari Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli 2022 mendatang. Acara tersebut dilepas langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemarin di Lapangan Bhayangkara.

"Kami akan bacakan dulu dan kami sampaikan disini bahwa kegiatan bersepeda beregu menempuh jarak terjauh dalam kurun waktu satu hari ini, tidak hanya kita catat sebagai rekor nasional namun oleh Ketua Umum MURI dikukuhkan sebagai rekor dunia," kata salah satu perwakilan pihak MURI saat memberikan piagam pemecahan rekor di Gedung Akpol, Semarang, Jawa Tengah.

Adapun isi piagam yang mengukuhkan kegiatan itu memecahkan rekor dunia dan Indonesia yakni:

Piagam penghargaan museum rekor Dunia-Indonesia nomor 10.392/RIT MURI/VI/2022 dianugerahkan dengan bangga kepada Presisi Khatulistiwa atas rekor bersepeda beregu menempuh jarak terjauh dalam kurun waktu satu hari.

Jakarta, 26 Juni 2022
Tanda tangan,
Ketum MURI Dr. Jaya Suprana

Dengan bangga kami anugerahkan piagam penghargaan ini. Semoga membawa manfaat bagi kita semua

(whn/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT