ADVERTISEMENT

Truk Tangki Kecelakaan di Merak, 12 Ton Cairan Asam Tumpah ke Jalan

M Iqbal - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 20:16 WIB
Kecelakaan truk muatan bahan kimia
Foto: Kecelakaan truk muatan bahan kimia (dok.istimewa)
Cilegon -

Truk muatan 12 ton cairan kimia asam klorida (HCL) kecelakaan di Jalan Suralaya-Merak tepatnya di depan proyek PLTU Jawa 9 & 10, Merak. 12 ton muatan cairan hydrochloric itu tumpah ke jalan.

Kecelakaan diakibatkan rem blong saat truk melewati jalan menurun di lokasi tersebut. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Truk bernomor polisi B 944 XJ tersebut membawa 12 ton cairan kimia asam klorida.

"Sesampainya di TKP saat jalan menurun fungsi rem kendaraan truk tangki kimia Nopol B 9448 XJ dengan membawa muatan HCL (hydrochloric) 32% sebanyak 12.340 kg melaju dari arah Suralaya menuju Merak yang akan di bawa ke PT Cakrawala yang berada di Tangerang dengan pengemudi saudara Khairul Anwar tidak berfungsi dengan sempurna," kata Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Atmodjo saat dikonfirmasi, Sabtu (25/6/2022).

Sopir mencoba membanting stir ke kanan hingga menabrak pembatas jalan, akibatnya mobil terguling dan muatan 12 ton bahan kimia tersebut tumpah membasahi jalan.

"Sehingga membuang ke kanan jalan dan menabrak pembatas jalan, kemudian mobil terguling," ujarnya.

Polisi yang datang kemudian mengevakuasi truk dengan alat berat. Polisi juga memanggil pihak berwenang terkait keamanan cairan tersebut agar tak membahayakan pengendara lain. Penanganan sementara, petugas menaburkan pasir dan kapur di area tumpahan cairan kimia tersebut.

"Menaburkan pasir dan kapur di area yang terkena cairan tumpahan, pemasangan police line di TKP," kata dia.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Pihak kepolisian terus mengawal evakuasi truk tersebut hingga situasi dinyatakan aman.

(bal/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT