ADVERTISEMENT

Benda Bersejarah Diduga dari Abad 17 Ditemukan di Pinggir Jalan Bekasi

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 15:04 WIB
Penampakan Benda Diduga dari Abad 17 di Pinggir Jalan Bekasi (Foto: Dok. Humas Pemkot Bekasi)
Penampakan Benda Diduga dari Abad 17 di Pinggir Jalan Bekasi (Foto: Dok. Humas Pemkot Bekasi)
Bekasi -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendapatkan informasi penemuan benda sejarah diduga dari abad ke-17 Masehi. Benda sejarah tersebut ditemukan di Teluk Pucung, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi, Deded Kusmayadi, mengatakan benda bersejarah tersebut awalnya diketahui salah satu staf Kelurahan Teluk Pucung. Diduga benda bersejarah tersebut merupakan alat penggilingan tebu.

"Jadi awalnya ada laporan dari salah satu staf, sebetulnya benda itu sudah lama di pinggir jalan, mungkin ada yang ngeh, staf Kelurahan Teluk Pucung laporkan ke pak Plt, akhirnya pihaknya, baru diduga, itu kalau dari bentukannya seperti alat pemeras tebu, alat pembuat gula ya, dari batu," ucap Deded saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/6/2022).

Dia mengatakan ada 3 benda bersejarah yang ditemukan. Salah satunya sudah dibawa ke area Pemkot Bekasi.

Namun, kata Deded, menurut informasi, benda bersejarah tersebut ada tujuh buah.

"Ada di beberapa tempat, ada yang di pinggir jalan dua, ada yang di dekat pemukiman, kemudian ada yang di balik kebun, nah ini salah satu sudah dibawa ke kantor Pemkot untuk diteliti oleh tim ahli cagar budaya kita seperti apa gitu. Kemarin yang dilihat ada 3, tapi kalau menurut informasi sekitar 7 katanya nih," ungkapnya.

Diduga Alat Peras Tebu

Deded memperkirakan benda sejarah ini sudah ada sejak tahun 1600 hingga 1700 Masehi sebelum revolusi industri. Alat tersebut diduga digunakan untuk memeras tebu dengan diputar oleh sapi.

"Kami belum ada jawaban, tapi menurut beberapa sumber informasi, sejak sebelum revolusi industri, belum pakai mesin, diperkirakan (tahun) 1600-1700, abad 17. Tapi harus melalui penelitian lagi, masih dugaan," ungkapnya.

Jika terbukti benda bersejarah, kata Deded, penemuan tersebut merupakan salah satu penemuan besar. Kini benda tersebut sedang diteliti pihak Pemkot Bekasi dan tim ahli cagar budaya.

"Kalau tujuh biji, ya besar ya. Apalagi kalau nanti hasil penelitian memang betul itu benda prasejarah, akan menambah khasanah kekayaan benda arkeologi di Kota Bekasi. Mereka kan tim ada lima orang, salah satu di antaranya ada yang ahli kepurbakalaan dari TACB, mudah-mudah bisa diketahui," imbuhnya.

Simak juga 'Kisah Raibnya Tongkat Sunan Kalijaga di Masjid Kuno Kedondong':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT