ADVERTISEMENT

PDIP Buka Festival Bakar Ikan Nusantara 2022, Puan Ikut Ngipas

Wildan Noviansyah - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 13:25 WIB
Puan Maharani Berada di Tengah-tengah kader PDIP sambil memegang kipas
Puan Maharani Berada di Tengah-tengah kader PDIP sambil memegang kipas. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membuka Festival Bakar Ikan Nusantara 2022 yang digelar PDI Perjuangan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, hari ini. Disela-sela acara, Puan juga ikut membakar ikan.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 11.30 WIB, Sabtu (25/6/2022) terlihat Puan mengunjungi beberapa stan makanan dari berbagai daerah di Indonesia yang ada di lokasi. Puan didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Setelah itu, Puan tampak pergi area luar dan membakar ikan sekaligus simbolis pembukaan acara. Terlihat dia mengenakan celemek sembari memegang kipas saat membakar, dia juga terlihat sesekali mengipas ikan tersebut.

"Kita memperingati bulan Bung Karno selama bulan Juni ini selalu PDI Perjuangan melakukan berbagai kegiatan yang bisa turun ke lapangan bertemu dengan rakyat dan tentu saja bermanfaat untuk kita semua," kata Puan dalam sambutannya.

Puan mulanya bercerita soal kunjungan ke seluruh wilayah Indonesia sekaligus mencoba berbagai kuliner di sana. Bahkan, kata dia, dia meminta untuk membungkus makanan dari wilayah tersebut jika tidak sempat makan di tempat.

"Bahkan kalau saya enggak sempat makan di satu wilayah karena acaranya padat sekali saya pasti bisik-bisik bisa enggak bawain saya makanannya bungkusin dong pingin tahu makanan di sini itu apa gitu biarpun cuma satu bungkus enggak apa-apa sampai rumah, ada yang enggak makanan dari situ? Saya pengen lihat ini apa ya kalau yang nggak biasa. Yaitu ini juga sebagai ya kecintaan saya akan makanan-makanan tradisional Indonesia," kata dia.

Bahkan karena hal tersebut, Puan mengaku pernah ditegur oleh ibunya, Megawati Soekarnoputri, karena makan sembarangan. Teguran tersebut diberikan karena sedari kecil Puan gemar menyantap berbagai makanan sehingga menderita tifus.

"Ibu selalu kuat 'kamu tuh coba-coba di mana-mana'. Nggak apa-apa semoga sehat-sehat teruslah walaupun dari kecil ya karena itu senangnya makan-makan enak, makan jajan-jajan ini. Saya sudah berapa kali kena tifus, apalagi capek kali ya, kalau capek itu kan cepet banget sih pasti," jelasnya.

Dalam sambutannya, Puan juga bicara soal ketahanan pangan dunia saat ini yang saat ini tengah goyah di tengah perang Rusia-Ukraina. Puan menyebut, saat ini PDI Perjuangan tengah menggaungkan makanan pokok pengganti beras.

"Kita akan memperkuat sumber pangan di setiap daerah sekarang PDIP Perjuangan kan sedang menggaungkan supaya bisa masak makanan pengganti beras. Yang paling sekarang lagi tren itu adalah porang," kata dia.

Puan mengatakan acara tersebut diikuti serentak di seluruh Indonesia. Dia menyebut hak tersebut sebagai bentuk pembuktian antusiasme masyarakat dalam menyambut bulan Bung Karno.

"Tadi disampaikan 500 kilo (ikan) bahkan semua DPD 100 kilo tadi pak sekjen mbak di Aceh ada nelayan yang pada hari ini ikut masak. Saya diliatin fotonya menyiapkan ikan untuk dimakan untuk dimakan 1.000 orang. Artinya antusiasme kita untuk sama-sama memperingati hari bulan Bung Karno bersama-sama bersama rakyat," pungkasnya.

Simak Video 'Puan Gaungkan Porang Sebagai Makanan Pengganti Nasi':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT