ADVERTISEMENT

Indo Barometer Prediksi Lahir Koalisi Gondangdia, PKS-PD Mengamini

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 07:17 WIB
Wakil BPN Prabowo-Sandiaga dan TKN Jokowi-Maruf Amin hadiri diskusi bertema Debat IV: Isu Khilafah, Pancasila hingga Proxy War. Seperti apa keseruannya?
Mardani Ali Sera (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, memprediksi koalisi Gondangdia bakal terbentuk yang terdiri dari PKS, NasDem, dan Demokrat. PKS dan Demokrat mengamini kemungkinan koalisi itu.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan peluang terbentuknya koalisi Gondangdia cukup besar. Dia mengatakan komunikasi antara ketiga partai sudah intens.

"Besar peluangnya karena komunikasi sudah cukup intens dilakukan," ujar Mardani kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Namun, Mardani mengatakan semua hal masih bisa terjadi jelang Pemilu serentak 2024. Mardani tak membantah prediksi Indo Barometer itu.

"Prediksi Indo Barometer dekat dengan banyak kajian," jelas Mardani.

Lalu, siapa capresnya jika koalisi Gondangdia benar-benar terwujud?

"Capresnya (PKS) pasti yang punya elektabilitas tinggi. Mas Anies (Baswedan) hingga saat ini salah satu yang tetinggi," jawab Mardani.

Demokrat Juga Mengamini

Partai Demokrat (PD) juga mengamini kemungkinan terbentuknya koalisi Gondangdia. Apalagi, katanya, Demokrat dan NasDem makin harmonis.

"Mungkin saja," ujar Kepala Bakomstra Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

"Kata Pak SP (Surya Paloh), kami makin dekat. Tentu komunikasi dan silaturahmi akan terus dilakukan semakin intens," sambung Herzaky.

Herzaky mengatakan Demokrat masih fokus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai. Dia berharap komunikasi yang intens bisa makin memperkuat kemungkinan terbentuknya koalisi.

"Kami fokus untuk terus berkomunikasi secara intens. Membuat bangunan koalisi yang kokoh. Agar jika tiba saatnya, koalisi yang nantinya terbentuk, memiliki fondasi yang kuat. Jadi, tidak perlu terburu-buru membentuk koalisi, seperti yang disepakati oleh Ketum AHY dan Pak Surya Paloh," jelas Herzaky.

"Saat ini, kami masih terus jalin komunikasi dengan teman-teman dari berbagai parpol. Masih membuka diri untuk kebersamaan dengan teman-teman berbagai parpol untuk Pemilu 2024," lanjutnya.

Lihat juga video 'PDIP soal Koalisi dengan Demokrat dan PKS: Chemistry Sulit Ketemu':

[Gambas:Video 20detik]



Terkait koalisi Gondangdia, simak selengkapnya di halaman berikut



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT