Horor Banjir Bandang dan Longsor Melanda Kabupaten Bogor

ADVERTISEMENT

Horor Banjir Bandang dan Longsor Melanda Kabupaten Bogor

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 21:01 WIB
Banjir bandang menghantam wilayah Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rumah hingga mobil rusak diterjang banjir imbas meluapnya Sungai Cisarua.
Banjir di Kabupaten Bogor (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Kecamatan Leuwiliang

Sementara itu, bencana banjir bandang dan tanah longsor juga dilaporkan terjadi di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Rabu (22/6) pukul 17.00 WIB. Peristiwa itu terjadi akibat luapan Sungai Cisarua yang tak kuasa menampung debit air setelah terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Sebanyak 602 KK atau 2.407 terdampak, ada 20 jiwa yang terpaksa mengungsi ke tempat kerabat dan 3 warga mengalami luka ringan setelah sempat terseret arus banjir bandang. Beruntung warga tersebut dapat diselamatkan dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Hasil kaji cepat, sedikitnya ada 5 unit rumah rusak berat, 1 rumah rusak ringan, dan 1 gedung pesantren Al-Insyiro terendam.

Di Leuwiliang ini, 1 orang dilaporkan hilang tertimbun tanah pada saat kejadian. Korban hilang bernama Yadi Jayadi (47) itu ditemukan tewas.

Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) Fazzli mengatakan korban ditemukan dalam radius 20 km. Korban kemudian dibawa ke rumah duka.

"Korban atas nama Yadi Jayadi (47) kita temukan pada radius 20 km, selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah duka," jelas Fazzli, Jumat (24/6).

Warga Butuh Sandang-Pangan

Warga terdampak banjir ini juga membutuhkan bantuan. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengungkap kebutuhan mendesak korban bencana saat ini adalah sandang dan pangan.

"Paling (kebutuhan mendesak) mereka sandang, pangan, tapi bantuan sudah mengalir dari kemarin. Tinggal desa yang ngatur sama Dinas Sosial," kata Aris kepada wartawan, Jumat (24/6).


(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT