ADVERTISEMENT

Basarah Resmikan Pameran Foto 'Soekarno Sang Visioner' di Paris

Rhazes Putra - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 19:56 WIB
Basarah Resmikan Pameran Foto Soekarno Sang Visioner di Paris
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah meresmikan pembukaan pameran foto Bung Karno bertajuk 'Soekarno Sang Visioner' di Kota Paris, Jumat (24/6) waktu setempat. Pameran foto tersebut akan berlangsung hingga tanggal (11/7) mendatang.

Diketahui, pameran foto Bung Karno ini merupakan kerja sama antara Wali Kota Paris dengan lembaga swadaya masyarakat Nation Emergentes yang berkedudukan di Paris, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Prancis, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), serta Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) PDI Perjuangan Perancis/Belgia.

"Pameran foto Bung Karno ini kami laksanakan dalam rangka mempromosikan Indonesia dan Pancasila kepada dunia internasional, karena berbicara tentang Bung Karno berarti kita bicara tentang Indonesia dan Pancasila," ujar Basarah dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).

Basarah menambahkan foto-foto yang dipamerkan tersebut menceritakan tentang perjalanan hidup tokoh Bung Karno sejak dilahirkan dan proses pertumbuhan perkembangan pemikirannya hingga menjadi seorang pejuang pemikir dan pejuang visioner. Selain itu, pameran foto ini mendharma baktikan hidupnya untuk kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia.

"Selain itu, ada juga foto-foto tentang peran Bung Karno dalam dunia internasional seperti antara lain, penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung, penyelenggaraan KTT Non Blok dan Pidato Presiden Soekarno di PBB tahun 1960," ucap Basarah.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis Mohammad Oemar mengatakan pameran foto Bung Karno sebagai Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia yang visioner ini akan dapat membangun citra positif Indonesia dan Pancasila di Prancis dan Eropa.

Senada, Direktur Nations Emergentes Doraya Asgarly menambahkan pihaknya ingin bekerja sama menyelenggarakan pameran foto Bung Karno ini karena kagum terhadap perjuangan Bung Karno untuk Indonesia dan dunia.

"Meskipun saya warga negara Prancis tetapi saya dan banyak masyarakat Perancis lainnya mengagumi Soekarno karena dia seorang pemimpin Indonesia dan dunia yang hebat dan visioner," jelas Doraya.

Ketua DPLN Perancis/Belgia Angga Perima berharap agar event kerja sama pameran foto ini akan semakin meningkatkan pengenalan masyarakat Perancis dan Eropa terhadap Bung Karno dan Indonesia.

"Saya berharap pameran foto ini juga akan semakin meningkatkan hubungan baik antara Perancis dan Indonesia sebagai dua negara yang bersahabat. Pameran foto ini membuat kami warga negara Indonesia yang tinggal di Perancis ini merasa bangga dan terhormat," ujar Angga.

Sebagai informasi, pembukaan pameran foto tersebut dihadiri oleh Walikota Paris Jean Pierre Le Coq, Duta Besar RI Di Perancis Mohammad Oemar, Duta Besar Nepal untuk Perancis Dhipak Adhikari, Duta Besar Myanmar Kyaw Zeya, Duta Besar Saudi Arabia Fahad Al Ruwaily dan Perwakilan kedutaan besar negara-negara sahabat, Direktur LSM Hak Asasi Manusia negara Afrika di Paris, Keita S Cheick, Direktur Nation Emergentes Doraya Asgarly dan Pengurus DPLN PDI Perjuangan Perancis/Belgia, Komunitas Banteng Eropa dan masyarakat Indonesia di Perancis.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT