ADVERTISEMENT

Cerita Warga Detik-detik Banjir Bandang Terjang Pamijahan Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 19:23 WIB
Lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Bogor
Lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Bogor (Rizky Adha/detikcom)
Bogor -

Bencana banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Salah satu korban selamat, Ocang (50), menceritakan detik-detik saat banjir bandang menerjang rumahnya.

"Mula-mula biasa saja, tiba-tiba naik. Jam 18.00 WIB waktu salat Magrib semua masuk dikarenakan air mulai surut. Ternyata, begitu (saya) sembahyang, pohon ini udah kedengeran, ternyata jatuh kena air besar," kata Ocang saat ditemui di lokasi bencana, Jumat (24/6/2022).

Ocang saat itu berada di dalam rumah. Begitu banjir bandang menerjang rumahnya, dia segera lompat melalui pintu dapur.

"Saya juga di dalam rumah di sini. Pas saya udah dengar, saya lompat lewat pintu dapur. Saya sendirian, karena istri udah lari ke sana gitu. Rumah kena air, ini air dari sana ada suara kayak angin puting beliung," bebernya.

Saat dia di pintu dapur, dia melihat air sudah setinggi dada. Dia akhirnya lompat keluar dan terjatuh hingga mandi lumpur.

"Ternyata air datang, pas saya lihat dari pintu belakang, ada air segini (sedada). Saya lompat jatuh di sana, saya mandi lumpur," kata Ocang.

Ocang mengatakan air datang dengan deras hingga menerjang sepeda motor di sekitar lokasi. Menurutnya, sejumlah rumah terdampak.

"(Rumah yang terdampak) itu, itu, itu, lumayanlah. Kalau yang terendam mah ada 15 yang terdampak. Kemarin nggak sempat ngambil apa-apa di sini. Itu air ombak kayak laut masuk. Motor juga hanyut sampai rumah situ mentok," tuturnya.

Rumah Ocang juga hancur dalam peristiwa itu. Termasuk jembatan yang menghubungkan akses antarkampung di Desa Cibunian.

Banjir bandang itu tidak hanya berdampak pada rumah, tapi juga kolam ikan milik warga. Seperti apa yang dialami Andi (25). Dia mengatakan kolam ikan mas miliknya hancur diterjang banjir bandang dan longsor.

Akibatnya, dia mengalami kerugian sekitar Rp 500 juta. "Saya juga kemarin ada kolam terdampak di bawah situ, kerugian sekitar Rp 500 juta," kata Andi di lokasi yang sama.

Lihat juga video 'Jalan di Kulon Progo yang Terputus Akibat Banjir Bandang Mulai Dibersihkan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT