ADVERTISEMENT

Waket MPR Dorong Perbaikan Tata Kelola Layanan Kesehatan Pascapandemi

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 18:06 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan tema ‘Reinvensi Keindonesiaan Kita, Kepemimpinan Keindonesiaan dan Patriotisme dalam Indonesia Pascapandemi’ di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, di Senayan, Jakarta (11/6).
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong realisasi target sektor kesehatan Indonesia pascapandemi. Utamanya dalam mewujudkan perbaikan tata kelola pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Tantangan di sektor kesehatan nasional pascapandemi yang kompleks harus dijawab dengan terus meningkatkan tata kelola agar dapat mewujudkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang lebih baik," kata Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).

Diketahui beberapa waktu lalu (21/6) Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan sejumlah target sektor kesehatan Indonesia, bersamaan dengan kepemimpinan Indonesia pada G20 tahun ini.

Antara lain, terbentuknya financial intermediary fund yang merupakan dana cadangan untuk mengatasi pandemi, membangun mekanisme formal terkait penggunaan dana yang ada di dalam pendanaan tersebut agar dapat dimanfaatkan secara adil dan cepat, serta mengintegrasikan data laboratorium genome sequence di seluruh dunia yang dapat mengidentifikasi virus varian baru maupun bakteri baru.

Selain itu, Indonesia juga ingin mengharmonisasikan standar perjalanan, baik berupa sertifikat vaksin maupun sertifikat pengetesan. Dengan begitu diharapkan tidak akan mengganggu pergerakan orang maupun barang. Serta melakukan standarisasi pengembangan vaksin utama yang menggunakan teknologi terbaru, sehingga mendorong pemerataan stok dan akses vaksin di seluruh dunia.

Menurut Lestari, upaya pemerintah dalam merealisasikan sejumlah target itu harus mendapat dukungan dari semua pihak, agar dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Lestari atau yang akrab disapa Rerie berharap pemerintah dapat mengedepankan pemanfaatan potensi-potensi di dalam negeri dalam upaya membangun tata kelola layanan kesehatan nasional pascapandemi yang baik.

"Sehingga, selain sejumlah target tersebut mampu meningkatkan tata kelola layanan kesehatan kepada masyarakat, sekaligus mampu mendorong kemampuan dan kemandirian anak bangsa dalam memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan," tuturnya.

"Kondisi global pascapandemi yang sarat ketidakpastian, membutuhkan kesiapan setiap negara untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya sendiri, termasuk antara lain kebutuhan vaksin, obat-obatan dan alat kesehatan, yang mampu meningkatkan layanan kesehatan nasional yang lebih baik," imbuhnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap semua pihak memberi dukungan terhadap upaya anak bangsa untuk mewujudkan kemandirian di berbagai bidang, termasuk di sektor kesehatan nasional, yang merupakan salah satu faktor pendukung untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing di masa depan.

Lihat juga video 'DEWG G20 Bahas Isu Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT