ADVERTISEMENT

Pesawat Susi Air Kecelakaan, Polisi: Pilot dan 3 Penumpang Patah Tulang

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 16:15 WIB
Pesawat Susi Air kecelakaan di Papua, Kamis (23/6/2022) pagi. Pesawat tersebut membawa enam penumpang. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.
Pesawat Susi Air (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)
Jakarta -

Polri bekerja sama dengan TNI berhasil mengevakuasi tujuh korban kecelakaan pesawat Susi Air rute Timika-Duma. Polisi mengatakan seorang pilot dan tiga penumpang mengalami patah tulang.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan ketujuh korban ini langsung dilarikan ke RSUD Mimika untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

"Dari tujuh korban, tiga penumpang dan pilot mengalami patah kaki sedangkan tiga lainnya mengalami luka-luka dan sekarang telah mendapatkan pengobatan di RSUD Kabupaten Mimika," kata Ramadhan dalam keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

Ramadhan mengatakan personel gabungan berhasil menemukan titik koordinat pesawat milik PT Asi Pudjiastuti Aviation ini di posisi Co 04°02'54.00″S/136°43'06.00″E. Bersama Basarnas, pihaknya langsung melaksanakan proses evakuasi menggunakan heli TNI AU EC-725/HT-7202 dengan pilot Mayor Pnb Adam Hardiman A.

"Pada pukul 12.06 Wit, heli TNI AU EC-725/HT-7202 dengan membawa tujuh korban Accident Crash Landing (Total Lost) Pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM milik PT Asi Pudjiastuti Aviation," kata Ramadhan.

Kemudian, setelah melaksanakan unboarding dari helikopter, para korban langsung diarahkan dengan ambulan untuk menuju RSUD Kabupaten Mimika guna melakukan pengobatan dan pemulihan pasca kecelakaan tersebut.

Kondisi Pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM ini mengalami rusak berat yang diakibatkan Crash Landing (Total Lost) pada posisi C0 4°02'54.00″S/136°43'06.00″E. Kecelakaan terjadi pada saat perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika ke Duma, Distrik Dumadama Kabupaten Paniai.

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti menyampaikan kapten pilot dan semua penumpang pesawat Susi Air yang kecelakaan di Papua selamat. Proses evakuasi sampai saat ini masih dilakukan.

"Update info: Jam 09:00 Captain Pilot & semua penumpang selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari lokasi bisa lancar dan mudah," ujar Susi Pudjiastuti dalam cuitan di akun resmi Twitternya, Kamis (23/6).

Simak juga video 'Jatuh di Timika, Basarnas Pastikan 7 Orang di Pesawat Susi Air Selamat':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT