ADVERTISEMENT

Jelang Idul Adha, Pemkot Jakpus Akan Tinjau 16 Penampungan Hewan Awasi PMK

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 15:33 WIB
Ilustrasi sapi.
Ilustrasi Sapi (Aldi Nur Fadillah/detikJabar)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Wilayah Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) bakal meninjau 16 lokasi tempat penjualan hewan kurban menjelang Idul Adha. Peninjauan dilakukan guna memastikan hewan kurban aman untuk dikonsumsi.

"Kita mau monitoring untuk titik-titik penampungan hewannya kita mau cek, insyaallah minggu depan, kita cek satu-satu kan kita kurang lebih ada 16 titik," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Dhany mengatakan pihaknya bakal memantau setiap hewan ternak yang masuk ke wilayah Jakarta Pusat. Pemantauan dilakukan bersama Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakpus.

"Nanti kita akan pantau hewan yang masuk kita cek kesehatannya bersama dengan Sudin KPKP," tuturnya.

Dia mengatakan pihaknya serius memastikan hewan kurban sehat untuk dikonsumsi masyarakat. Menurutnya, belum ada temuan hewan terjangkit PMK di wilayah Jakpus.

"Setelah kita tetapkan titik-titiknya, nah ini yang akan kita lakukan pemantauan langsung di lapangan supaya hewan kurban itu bener-bener kita yakinkan bahwa hewan ini sehat," ujarnya.

"Belum (ada temuan PMK di Jakpus), alhamdulillah mudah-mudahan nggak ada," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat Herawati meninjau tempat jual hewan kurban di wilayah Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat, siang ini. Pemeriksaan itu dilakukan pada 12 ekor sapi dan 60 kambing.

"Jadi ini sapi dari bapak Ahmad Saman ini adalah sapi yang sudah berizin pemasukan ternak sesuai dengan prosedur dari Provinsi DKI Jakarta. Jadi ada 12 ekor sapi dan 60 ekor kambing terus kita lakukan pemeriksaan, sehat," kata Kasi Sudin KPKP Jakarta Pusat Herawati kepada wartawan di lokasi, Rabu (22/6/2022).

Lihat juga video '5 Provinsi RI dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Terbanyak':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT