ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Bebaskan 1 Hektare Lahan demi Proyek Saringan Sampah Ciliwung

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 12:58 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta membebaskan lahan untuk pembangunan saringan sampah di wilayah perbatasan. Total lahan yang bakal dibebaskan seluas 1 hektare terdiri atas 30 keluarga.

"Kalau KK-nya sekitar 30-an. Saat ini sedang dalam proses SPH (surat pelepasan hak). Mungkin sekitar 1 hektare, (terdiri dari) sisi kiri dan sisi kanan ya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto di ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Asep mengatakan proses pembebasan lahan dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Rencananya, proses ganti rugi kepada pemilik lahan ditargetkan rampung pada Juli mendatang.

"Jadi pembebasan lahan sudah hampir selesai oleh Dinas SDA, bukan Dinas Lingkungan Hidup. Mudah-mudahan di Juni ini atau awal Juli proses untuk pembayaran kepada warga pemilik tanah maupun perusahaan pemilik tanah," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggarkan Rp 197 miliar untuk program penyaring sampah. Dilihat dari situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SiRUP LKPP), Selasa (11/1/2021), proyek pembangunan saringan sampah di perbatasan itu masuk kategori pekerjaan konstruksi dengan metode tender.

Sementara itu, berdasarkan Ingub Nomor 49 Tahun 2021, program saringan sampah ini masuk isu prioritas daerah tahun 2021-2022. Kepala Seksi Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan, menuturkan saringan sampah ini akan dibuat di ruas kali Ciliwung perbatasan antara wilayah Jakarta dan daerah penyangga. Saat ini program tersebut masih dalam tahap pembebasan lahan.

"Masih proses pembebasan lahan," ujar Yogi.

Lihat juga video 'Sungai Ciliwung Bersih di Tangan Mat Peci':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT