ADVERTISEMENT

Jokowi Bakal Temui Putin dan Zelensky, Golkar: The Peacemaker!

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 10:51 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi
Bobby Adhityo Rizaldi. (Dok Pribadi)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi menyambut baik rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev. Bobby menilai Jokowi bak tokoh perdamaian dunia.

"Sebuah langkah Pak Jokowi sebagai tokoh perdamaian yang jenius, bukan hanya di Indonesia saja, seperti yang pernah disampaikan Prof Mahbubani, tapi layak disebut Tokoh Perdamaian Dunia 'The Peacemaker'," kata Ketua DPP Golkar ini saat dihubungi, Kamis (23/6/2022).

Bobby mengatakan rencana Jokowi bakal menjadi bentuk kontribusi Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia. Jokowi, kata dia, juga akan menjadi pemimpin Asia pertama yang melakukan hal itu.

"Tentu ini sangat baik, sebagai bentuk kontribusi Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia, sebagai pemimpin Asia pertama yang melakukan kunjungan ke dua negara tersebut," katanya.

Selain itu, Bobby juga menyebut langkah Jokowi nantinya meneguhkan posisi Indonesia dalam gerakan nonblok. Langkah Jokowi yang bakal menemui dua pemimpin negara yang sedang bertikai ini dinilai menunjukkan prinsip Indonesia yang memperjuangkan kesetaraan.

"Langkah ini juga meneguhkan Indonesia sebagai negara besar yang tergabung dalam Gerakan Non Blok (Non Aligned Movement), yang mendorong prinsip saling menghormati integritas teritorial dan kedaulatan, dan tidak mengintervensi urusan dalam negeri negara lain, dalam memperjuangkan kesetaraan," ujarnya.

Untuk diketahui, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan Presiden Jokowi akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Kunjungan ini bakal dilakukan Jokowi setelah mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pada Minggu (26/6/2022) hingga Senin (27/6).

"Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal," ujar Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (22/6) seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

"Di dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," lanjutnya.

Simak Video 'Jokowi Bakal Temui Zelensky di Kiev dan Putin di Moskow':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT