DWP PPSDM Migas Adakan Seminar untuk Dongkrak Produktivitas Perempuan

ADVERTISEMENT

DWP PPSDM Migas Adakan Seminar untuk Dongkrak Produktivitas Perempuan

Atta Kharisma - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 09:48 WIB
PPSDM Migas
Foto: Dok. PPSDM Migas
Jakarta -

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dan PEM Akamigas menggelar seminar bertajuk 'Peran Strategis dan Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Aparatur Sipil Negara'. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberi nilai lebih, terutama bagi perempuan-perempuan Indonesia.

Seminar yang diadakan di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung PPSDM Migas pada Rabu (22/6) itu juga bertujuan meningkatkan kepercayaan diri kaum perempuan agar dapat memiliki kepercayaan diri, sehingga mereka dapat turut berpartisipasi serta berkiprah dalam semua lini pembangunan di Indonesia. Termasuk, meningkatkan produktivitas kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) baik itu suaminya ataupun dirinya sendiri sebagai ibu rumah tangga yang juga bekerja di sektor publik.

Kepala Instansi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr. Soetomo selaku narasumber menjelaskan peran penting kaum perempuan di dalam kehidupan berkeluarga.

"Ibu itu mempunyai peran penting dalam keluarga yaitu sebagai pendamping dan pendukung suami, pendamping putra dan putrinya, merawat dan menjaga anak - anak, menjaga keharmonisan keluarga, seorang motivator dalam keluarga untuk mewujudkan cita-cita keluarga dan masih banyak lagi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

"Sehingga dengan peran yang begitu banyak tersebut seorang perempuan dan ibu harus selalu sehat, menjauhi stress, optimis, fokus pada tugas dan tanggung jawab serta sabar dan berdoa. Harapannya agar keluarga dapat harmonis yang tentunya dapat mendukung kinerja suami ataupun dirinya sendiri yang bekerja," tambahnya.

Ia menyampaikan secara panjang lebar berbagai kiat sehat selama pasca pandemi agar kaum perempuan dapat meningkatkan produktivitas baik yang bekerja di sektor publik maupun ranah domestik.

"Ada beberapa tips sehat di masa sekarang yaitu masa post pandemic. Yang pertama adalah bersyukur karena telah diberikan kesehatan, kesempatan dan tetap beraktivitas secara positif. Yang kedua adalah aman yang dapat dilakukan dengan konsisten disiplin protokol Kesehatan, vaksinasi booster, dan konsumsi vitamin yang tepat," ungkapnya.

"Selanjutnya adalah pengelolaan stress yang digabung dengan kekuatan kebahagiaan dengan menjaga iman, imun, mencintai Tuhannya, suka menolong dan berbagi serta konsisten. Sedangkan yang terakhir adalah terus berpikir dan bekerja dengan penuh kreatifitas, inovatif dan produktif," sambung Agus.

Di sisi lain Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati yang turut menghadiri seminar tersebut berpendapat perempuan memiliki tugas yang luar biasa dalam rumah.

Kegiatan seminar tersebut turut dihadiri Ketua DWP BPSDM ESDM Lina Prahoro beserta jajarannya yang bergabung melalui Zoom meeting, Anggota DWP PPSDM Migas dan PEM Akamigas, ibu-ibu pegawai PPSDM Migas, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, desa atau kelurahan serta istri-istri pegawai PPSDM Migas dan PEM Akamigas.

Simak juga 'Nasib Bisnis Migas di Tengah Transisi Energi':

[Gambas:Video 20detik]




(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT