ADVERTISEMENT

Elektabilitas Ganjar Naik, GP Mania Pastikan PDIP Rugi Jika Tak Usung

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 08:20 WIB
Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer
Immanuel Ebenezer (Zunita Putri/detikcom)
Jakarta -

Survei Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas capres Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meningkat, sedangkan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menurun. Ketum Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer menilai PDIP akan rugi jika tidak bersikap rasional dengan mengusung Ganjar.

"PDIP harus jadi partai yang rasional dong, kalau misalnya Mas Ganjar tidak punya pengaruh elektoral, ya nggak mungkinlah, tapi pasti yang jelas ketika PDIP tidak mengusung Ganjar itu akan mempengaruhi secara elektoral, artinya PDIP akan ya kehilangan dan akan rugi secara politik dan elektoral," kata Immanuel saat dihubungi, Rabu (22/6/2022).

Pria yang akrab disapa Noel ini menyebut tak mempersoalkan jika PDIP memiliki aturan bahwa seluruh keputusan capres berada di tangan Megawati Soekarnoputri. Meski demikian, dia meminta jangan sampai keputusan partai itu justru mempengaruhi keputusan rakyat terhadap Ganjar.

"Kalau kita nggak kaget ya elektabilitas Mas Ganjar semakin hari semakin tak terbendung, walau kita lihat keputusan internal organisasinya adalah keputusan partai, tapi harus dipahami juga bahwa keputusan partai tidak bisa dipengaruhi oleh keputusan rakyat," ucapnya.

"Artinya rakyat hari ini juga bagian dari variabel yang menentukan masa depan bangsanya, dan kepemimpinan ke depan 2024, artinya partai juga jangan seakan-akan menghilangkan kedaulatan rakyat sesungguhnya, bahwa 2024 keputusan rakyat tidak lebih penting dari keputusan partai," lanjut dia.

Lebih lanjut, Noel juga tidak mempermasalahkan pidato Megawati kepada para kadernya kepada Ganjar saat rakernas PDIP beberapa hari lalu. Meski begitu, menurutnya, jangan sampai pernyataan Megawati itu menyandera kehendak rakyat.

"Iya kebetulan kita menyimak pidato Mega, saya rasa apa yang disampaikan Mega sebagai ketum itu sebagai sebuah kritik jangan sampai bermain 2 kaki atau 3 kaki, itu penting sebagai ketum menegaskan sikap partai, benar, tapi jangan juga pilihan rakyat disandera, itu yang terpenting," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Respons Ganjar Pranowo Terkait Elektabilitasnya yang Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT