ADVERTISEMENT

Sudah 5 Ketum Parpol Temui Surya Paloh Bahas 2024, Terbaru PKS

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 19:12 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu menggelar konferensi pers usai pertemuan di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022).
Surya Paloh dan Ahmad Syaikhu menggelar konferensi pers seusai pertemuan, Rabu (22/6/2022). (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh seolah menjadi magnet baru menjelang Pemilu 2024. Tandanya, sudah lima ketum partai politik (parpol) yang menemui langsung Surya Paloh. Terkini, Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang bertemu Surya Paloh di NasDem Tower.

Pertemuan Surya Paloh dengan lima ketum parpol digelar dalam waktu yang berbeda, terhitung mulai Mei hingga hari ini. Airlangga Hartarto bisa dibilang sebagai ketum parpol pertama yang menemui Surya Paloh guna membahas seputar Pemilu 2024.

Jika dirunut sesuai waktunya, setelah Airlangga selaku Ketua Umum Golkar, Zulkifli Hasan (Zulhas) ketum parpol kedua yang menemui Surya Paloh.

Berikut lima ketua umum parpol yang sudah menemui Surya Paloh dimulai dari yang terkini:

Presiden PKS

Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama jajaran pengurusnya hari ini menyambangi NasDem Tower guna bertemu dengan Surya Paloh. Pertemuan ini menghasilkan 3 poin kesepakatan, salah satunya persiapan kerja sama di Pilpres 2024.

"(Poin kesepakatan) ketiga, menyepakati persiapan kerja sama pilpres, sekali lagi, menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate dalam konferensi pers seusai pertemuan dengan PKS di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022).

SBY Bersama Ketum Demokrat

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertandang ke NasDem Tower dan bertemu dengan Surya Paloh pada Minggu (5/6/2022) malam. Kabar pertemuan itu dibenarkan elite Demokrat Andi Arief.

Andi Arief mengungkap kegiatan SBY dan AHY menemui Surya Paloh dalam rangka kunjungan balasan. Diketahui, Surya Paloh sempat menjenguk SBY di Amerika Serikat (AS).

"Kunjungan balik Pak SBY atas kunjungan SP di Amerika saat SBY berobat. Sebagai orang Timur layaknya begitu," kata Andi Arief saat dimintai konfirmasi, Senin (6/6/2022).

Kabar terbaru, SBY dan AHY akan kembali menemui Surya Paloh di NasDem Tower. Rencananya pertemuan Paloh, SBY, dan AHY digelar besok pukul 11.00 WIB.

Ketum Gerindra

Beberapa hari sebelum kunjungan SBY dan AHY, Surya Paloh menerima kunjungan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan Surya Paloh juga digelar di NasDem Tower pada Rabu (1/6/2022).

Dari NasDem, elite yang hadir di antaranya Enggartiasto Lukita, Ahmad Sahroni, dan Willy Aditya. Sementara itu, dari Gerindra Sekjen Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono.

Menurut Surya Paloh, pertemuannya dengan Prabowo itu sebagai romantisme semangat persahabatan untuk kemajuan bangsa. Sehari setelah pertemuan itu Paloh kembali mengungkap obrolannya dengan Prabowo.

"Banyak kita cerita, bukan baru ya. Kita bicara lepas-lepas saja ya kan, tidak hanya dalam kapasitas dia sebagai Ketum Gerindra, saya Ketum NasDem, sebagai teman juga," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Kamis (2/6/2022).

Pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum NasDem Surya Paloh (Instagram official_nasdem)Pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum NasDem Surya Paloh (Instagram official_nasdem)

Dalam pertemuan itu, Surya Paloh mengaku sempat bertanya ke Prabowo, apakah akan maju jadi capres 2024. Namun pertanyaan itu dilontarkan tak secara serius.

"(Jawaban Prabowo) itu rahasia, misteri," kata Surya Paloh mengulas jawaban Prabowo.

Simak dua ketum parpol lainnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Usai PKS, Giliran Demokrat Merapat ke Markas NasDem Besok

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT