ADVERTISEMENT

Cara Cetak Tiket Kereta Api, Cek Sebelum Berangkat!

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 17:45 WIB
Cara cetak tiket kereta api perlu diketahui sebelum menaiki transportasi tersebut. Pencetakan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan.
Cara Cetak Tiket Kereta Api, Cek di Sini! (Foto: dok KAI Daop 1)
Jakarta -

Cara cetak tiket kereta api perlu kamu ketahui sebelum menggunakan transportasi tersebut. Untuk mencetak tiket kereta api, kamu bisa melakukannya di stasiun keberangkatan.

Hal ini berlaku untuk pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Perlu diperhatikan bahwa pengguna kereta api jarak jauh harus mempunyai boarding pass sebagai pengganti tiket.

Lantas, bagaimana cara cetak tiket kereta api di stasiun? Simak panduannya di bawah ini.

Cara Cetak Tiket Kereta Api di Stasiun

Dilansir dari laman resmi KAI Access, boarding pass dapat dicetak melalui Check In Counter di stasiun kereta api mulai dari 7 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Dikutip dari laman resmi KAI, ini cara cetak cetak tiket kereta api di stasiun.

  1. Cari mesin tiket yang tersedia di area stasiun keberangkatan
  2. Check in menggunakan nomer kode booking tiket dari struk atau bukti pembelian tiket
  3. Masukkan data diri lengkap berupa nomor KTP di mesin cetak yang tersedia
  4. Setelah itu, klik scan struk bukti pembelian tiket.
  5. Klik cetak tiket, kemudian tiket kereta berupa boarding pass telah tercetak
Cara cetak tiket kereta api bisa kamu ketahui sebelum menaiki transportasi tersebut. Untuk mencetak tiket kereta api, kamu bisa melakukannya di stasiun keberangkatan.Cara cetak tiket kereta api perlu kamu ketahui sebelum keberangkatan. (Foto: dok KAI)

Melalui laman resminya, PT KAI Indonesia menyebutkan bahwa tiket kereta api yang dibeli melalui KAI Access tidak perlu mencetak boarding pass. Cukup print e-boarding pass pada aplikasi, kemudian scan QR Code pada scanner yang tersedia di meja petugas. Lalu, kamu hanya perlu menunjukkan e-boarding pass sebagai pengganti boarding pass atau tiket cetak kereta api kepada petugas.

Cara Membeli Tiket Kereta Api

Cara mudah membeli tiket kereta api adalah menggunakan aplikasi KAI Access. Pembelian tiket kereta api dengan cara ini dapat dilakukan tanpa harus jauh-jauh datang ke stasiun.

Lalu bagaimana cara pemesanan tiket kereta api di KAI Access? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pastikan kamu telah mengunduh aplikasi KAI Access di Playstore atau Appstore. Apabila belum mempunyai akun, buat akun KAI Access terlebih dahulu
  2. Masuk/ Login dengan akun yang sudah dimiliki.
  3. Jika sudah, lakukan pemesanan tiket kereta api dengan memilih Stasiun Asal dan Stasiun Tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang
  4. Kemudian klik 'cari'. Nanti, akan muncul daftar kereta dari berbagai jadwal keberangkatan yang bisa dipilih sesuai keinginan
  5. Jika sudah, klik dan langsung lakukan pemesanan
  6. Isi data diri berupa data pemesan dan data penumpang
  7. Lalu, calon penumpang juga bisa memilih kursi jika masih tersedia dengan cara klik 'Pilih Kursi' dan kemudian klik 'Simpan'
  8. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang nama hingga waktu keberangkatan
  9. Jika dirasa sudah benar, lanjutkan pembayaran dengan cara klik 'Bayar Sekarang'. Pilih metode pembayaran
  10. Selesai pembayaran, kamu akan diberikan kode booking untuk nantinya ditukarkan dengan tiket di stasiun keberangkatan. Namun, jika kamu tidak ingin mencetak tiket fisik di stasiun, kamu bisa klik cetak e-boarding pass.

Demikian informasi cara cetak tiket kereta api lengkap dengan cara pemesanan tiketnya. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT