ADVERTISEMENT

Polisi Tak Istimewakan Roy Suryo soal Laporan Meme Stupa Borobudur

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 13:24 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Roy Suryo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Roy Suryo meminta laporannya terkait meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Jokowi diutamakan dibanding laporan perwakilan umat Buddha. Perwakilan umat Buddha melaporkan Roy Suryo juga soal meme stupa Candi Borobudur. Lalu bagaimana tanggapan polisi atas permintaan Roy Suryo ini?

"Iya tidak ada perbedaan, semua diterima dan sedang didalami dulu kaitan dengan laporan itu. Iya, tidak ada siapa yang diistimewakan, semua laporan akan diproses, karena dalam hal ini yang bersangkutan juga sebagai terlapor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Rabu (22/6/2022).

Dalam kasus meme stupa Candi Borobudur, mantan Menpora ini tercatat sebagai pelapor dan terlapor. Roy Suryo sebagai pelapor, melaporkan 3 akun media sosial yang disebutnya penyebar pertama meme stupa Candi Borobudur.

Di sisi lain, Roy Suryo dilaporkan oleh Herna Sutana, yang mengaku sebagai perwakilan umat Buddha. Herna melaporkan Roy Suryo karena dinilai telah melecehkan Buddha atas postingan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Jokowi itu.

Zulpan mengatakan dua laporan itu kini telah diterima pihak Polda Metro Jaya. Dia menyebut kedua laporan tersebut saling terkait.

"Nanti penyidik yang menentukan. Tapi yang pertama dia kan sebagai pelapor, terus di sini sebagai terlapor karena kaitannya juga yang dilaporkan terkait unggahan di medsosnya Roy Suryo yang jadi viral itu," tutur Zulpan.

Dia menambahkan kedua laporan itu kini masih dipelajari oleh Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Kalau agenda pemanggilannya saya belum tahu tanggal berapa. Tapi sudah diterima dan didalami pasti," katanya.

Roy Suryo Minta Laporannya Diutamakan

Roy Suryo resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan Bareskrim Mabes Polri soal postingan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pihak Roy Suryo mengatakan menghormati pelaporan tersebut, namun meminta agar laporannya lebih diutamakan.

"Harus diingat bahwa perkara tersebut sudah kita laporkan dan agar tidak mengulangi penyelesaian perkara yang sama, seyogianya laporan kita terlebih dahulu yang harus diproses," jelas pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni, saat dihubungi, Senin (20/6).

Menurut Pitra, yang dilaporkan oleh pihak lain adalah perkara yang sama yakni soal penyebaran meme stupa Candi Borobudur.

"Biar tidak terjadinya kekeliruan dan kesalahpahaman serta nebis in idem (hukuman ganda) dalam perkara," tambahnya.

Simak video 'Roy Suryo yang Lagi-lagi Dilaporkan Gegara Meme Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]




Baca di halaman selanjutnya: Roy Suryo dipolisikan.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT