ADVERTISEMENT

Hotel-Lapangan Golf Sitaan BLBI di Bogor Boleh Beroperasi, tapi...

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 12:47 WIB
Mahfud Md
Mahfud Md (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Satuan Tugas Bantuan Likuidasi Bank Indonesia (BLBI) menyita beberapa aset milik obligor PT Bank Asia Pacific (Aspac) di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di atas lahan yang disita, terdapat sejumlah hotel dan lapangan golf.

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan kegiatan di atas lahan sitaan tersebut masih bisa berlangsung. Namun pengelolaannya saat ini di bawah naungan negara.

"Di tempat penyitaan ini atau di objek penyitaan ini, yaitu PT Bogor Raya Development, ini banyak kegiatan kegiatan ekonomi dan sosial ekonomi kerakyatan, fasilitas umum, hotel, golf dan sebagainya, itu terus silakan beroperasi," kata Mahfud di Klub Golf Bogor Raya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Rabu (22/6/2022).

"Tetapi sekarang di bawah pengelolaan negara. Tidak lagi di bawah aset PT Bogor Raya Development. Perdebatan silakan dilanjutkan, kita akan berjalan terus," tambahnya.

Diketahui, total aset kekayaan yang disita sejauh ini diperkirakan sebanyak Rp 2 triliun. Sedangkan total lahan seluas 89 hektare.

"Perkiraan awal pada saat ini, nanti kita hitung lagi, nilai aset yang di sita sebesar lebih kurang 2 triliun," jelas Mahfud.

Mahfud juga tidak mempermasalahkan apabila setelah penyitaan ini, akan ada pihak yang tidak terima. Dia siap menempuh jalur hukum.

"Saya ingin katakan tentu sesudah ini akan ada yang protes, menyatakan keberatan, baik langsung maupun melalui pengacara, silakan saja," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satgas BLBI menyita aset berupa lahan yang terkait obligor Bank Asia Pacific. Ada lapangan golf, hotel hingga restoran yang berdiri di atas lahan itu.

"Untuk hari ini adalah sekitar 89 hektare (yang disita), itu terkait kegiatan kita hari ini. Tapi akan ada banyak lahan yang akan kita sita sekitar sini," kata Ketua Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) Rionald Silaban di Klub Golf Bogor Raya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Simak Video 'Satgas BLBI Sita Aset Lapangan Golf & Hotel Besan Setya Novanto di Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT