ADVERTISEMENT

JJ Rizal Sambangi Anies Serahkan Petisi Usulan Pergantian Nama JIS

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 12:21 WIB
JJ Rizal Sambangi Anies Serahkan Petisi Ganti Nama JIS jadi MH Thamrin
JJ Rizal Sambangi Anies Serahkan Petisi Ganti Nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Sejarawan JJ Rizal menyambangi kantor Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta hari ini. JJ Rizal menyerahkan langsung petisi pergantian nama Jakarta International Stadion (JIS) menjadi Stadion MH Thamrin.

Pantauan detikcom di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022), JJ Rizal tampak mencegat Anies dan Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat sedang berjalan dari Balai Kota menuju DPRD DKI Jakarta. Keduanya lantas menerima lembaran petisi itu.

"Makasih, ya, belum tentu disetujui, ya. Diterima dulu, ya. Thank you, ya," kata Anies kepada JJ Rizal pada Rabu (22/6/2022).

"Pokoknya ditampung," tambah Riza.

Anies berjanji bakal menampung usulan yang diutarakan oleh sejarawan itu. Namun, dia menyebut usulan itu belum tentu disetujui.

"Ditampung, ya, Pak Anies aspirasinya?" tanya JJ Rizal.

"Pasti ditampung, setuju atau tidak nanti pertimbangannya lain," balas Anies.

Ditemui usai rapat, JJ Rizal mengatakan sampai saat ini petisi itu sudah ditandatangani lebih dari 5.700 orang. Mereka yang menyetujui perubahan ini datang dari kalangan para tokoh sepakbola hingga keluarga MH Thamrin.

"Sekitar sebulan, sampai sekarang sudah 5.700 lebih. Targetnya kita akan terus sampai diresmikan, keluarga Thamrin kan juga mendukung, beberapa tokoh sepakbola atau pendukung suporter sepakbola di Jakarta," kata JJ Rizal.

"Penyanyi rapper bikin lagu tentang sepakbola Jakarta, Kojek Betawi dia yang bikin tanda tangan kontrak politik antara Mas Anies-Sandi untuk membangun stadion. Kemudian juga ada Yusup Andi Bahtiar yang bikin film The Jak ya, itu juga mendukung dan perlu diketahui," sambungnya.

JJ Rizal menganggap selama ini stadion yang berdiri di Tanjung Priok itu belum memiliki nama. Dia menganggap JIS sebagai predikat semata.

"Kita senang akhirnya bisa ketemu pak gubernur dan menyerahkan petisi dari publik, karena kami yang membuat petisi menganggap bahwa stadion yg megah yg dibangun itu oleh pak Anies itu belum punya nama, JIS itu hanya predikat proyek, proyek apa, stadion jenisnya, kelasnya internasional, letaknya di Jakarta. Jadi itu hanya predikat proyek," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya memutuskan menyampaikan langsung usulan itu kepada Anies. MH Thamrin, kata dia, merupakan putra Betawi sekaligus pahlawan sepakbola.

"Kita juga memenuhi amanah tentang penamaan rupa bumi, harusnya mengacu pada ciri khas dan sejarah yang mengakar kuat di suatu tempat, dan MH Thamrin menurut saya bukan hanya nama orang, tapi juga dia simbolisasi dari nasionalisme Indonesia yang tumbuh kembang di Jakarta, jadi bangunan semonumental seperti stadion yang hari ini akan diresmikan itu harusnya mendapat nama yang jasa dan peran historis nya sama besar monumentalnya," tandasnya.

(taa/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT