ADVERTISEMENT

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil Naik, Salip Ahok-AHY

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 10:49 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Muhammad Ridho/detikcom)

RK salip Ahok dan AHY

Bila dibandingkan dengan hasil survei Januari lalu, elektabilitas Sandiaga Uno, AHY, Ahok, Risma, dan Andika Perkasa mengalami penurunan. Di urutan nama potensial capres papan tengah ini, hanya elektabilitas Ridwan Kamil dan Erick Thohir yang mengalami peningkatan, selain ada Ganjar di urutan papan atas yg mengalami peningkatan juga.

Pada survei Litbang Kompas Januari lalu, elektabilitas Sandiaga 4,9% dan turun menjadi 4,4% pada survei terbaru ini. Elektabilitas AHY turun dari semula 3,7% menjadi 3,1%. Elektabilitas Ahok juga turun, dari 2,9% menjadi 2,1%. Tipis di bawah Ahok, elektabilitas Risma turun dari 2,6% menjadi 2%. Elektabilitas Andika turun dari 2% menjadi 1,5%.

Elektabilitas yang naik yakni Ridwan Kamil. Semula pada hasil survei Januari, dia meraih 2,9% suara responden atau berada di bawah Sandiaga, AHY, dan Ahok kala itu. Namun kini di hasil survei terbaru, elektabilitas Ridwan Kamil naik menjadi 3,4% menyalip Ahok dan AHY sekaligus.

Elektabilitas Erick Thohir juga terpantau mengalami kenaikan. Semula pada Januari, dia mendapat 1,1% suara responden. Kini, dia mendapat 1,4% suara responden.


(dnu/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT