ADVERTISEMENT

Mahasiswa Ancam Demo Besar 28 Juni Jika Draf RKUHP Terbaru Tak Dibuka

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 17:46 WIB
Mahasiswa demo tolak RKUHP di Patung Kuda
Mahasiswa demo tolak RKUHP di Patung Kuda (Mulia Budi/detikcom)

Koordinator Sosial Politik BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan aksi lanjutan itu bakal digelar jika dalam waktu 7x24 jam tuntutan mahasiswa tidak dipenuhi. Dia menyebut aksi lanjutan itu bukan hanya ekspresi kemarahan dari elemen mahasiswa.

"Kami rasa aksi lanjutan ini adalah bentuk kemarahan yang luar biasa dari tidak hanya mahasiswa, tetapi dari berbagai elemen masyarakat untuk turun ke jalan jika dalam 7x24 jam tidak diberikan tanggapan apapun dari Istana, Presiden, maupun DPR," imbuhnya.

Sebelumnya, mereka mengultimatum agar Presiden dan DPR membuka draf RKUHP dalam waktu 7x24 jam. Apabila 'somasi' ini tidak diindahkan, mereka mengancam akan menggelar demonstrasi besar. Berikut adalah pernyataan sikap mereka.

1. Mendesak Presiden dan DPR RI untuk membuka draf terbaru RKUHP dalam waktu dekat serta melakukan pembahasan RKUHP secara transparan dengan menjunjung tinggi partisipasi publik yang bermakna;

2. Menuntut Presiden dan DPR RI untuk membahas kembali pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP, terutama pasal-pasal yang berpotensi membungkam kebebasan berpendapat dan berekspresi warga negara meski tidak termasuk ke dalam isu krusial; serta

3. Apabila Presiden dan DPR RI tidak kunjung membuka draf terbaru RKUHP dan menyatakan akan membahas pasal-pasal bermasalah di luar isu krusial dalam kurun waktu 7 x 24 (tujuh kali dua puluh empat) jam sejak pernyataan sikap ini dibacakan, kami siap bertumpah ruah ke jalan dan menimbulkan gelombang penolakan yang lebih besar dibandingkan tahun 2019.


(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT