Megawati: Hanya Saya yang Tentukan Siapa Capres PDIP!

ADVERTISEMENT

Megawati: Hanya Saya yang Tentukan Siapa Capres PDIP!

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 13:29 WIB
Jakarta -

Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kadernya tak bermanuver menjelang Pilpres 2024. Megawati menyebut hanya dirinya yang menentukan siapa calon presiden (capres) dari PDIP.

Megawati mulanya cerita soal demokrasi terpimpin saat makan bersama dengan sejumlah ketum partai, salah satunya Ketum PAN Zulkifli Hasan. Menurut Megawati, Indonesia punya kearifan lokal, seperti ninik mamak di Sumatera Barat, di mana ada yang sesepuh terpandang.

"Jadi maksud saya, mengapa PDIP dari sisi administrasi, (sertifikasi) ISO kita sudah tiga kali loh, kalau kalian mulai alpa bahwa saya bilang instruksi jalankan, jalankan, laporkan, laporkan, itu sudah mulai dilupakan, absensi, absensi, itu ya maaf masuk kondite. Nah begitu," kata Megawati saat memberikan pidato Rakernas PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Megawati kemudian menyindir balik pihak yang menyudutkan PDIP soal tak mencalonkan capres lebih dahulu. Menurut Megawati, jika ada kader yang bermanuver seperti itu, lebih baik keluar.

"Kalau saya dalam keputusan kongres partai, makanya banyak yang selalu mau memutarbalikkan, mau menggoreng-goreng, kenapa PDI diam saja tidak pernah mau mencalonkan seseorang? Bla-bla-bla..., kalian siapa yang berbuat manuver, keluar," ujarnya.

Presiden RI ke-5 itu menegaskan bahwa PDIP hanya bermain satu kaki, di atas kaki PDIP sendiri. Oleh sebab itu, Megawati menyebut hanya dirinya yang dapat menentukan siapa capres dari PDIP.

"Karena apa? Tidak ada di PDIP itu namanya main 2 kaki, main 3 kaki, melakukan manuver. Kenapa? Karena saya diberi oleh kalian, sebuah hak yang namanya hak prerogatif, hanya ketum yang menentukan siapa menjadi capres dari PDIP," ucap Megawati.

"Ingat loh, lebih baik keluar deh, daripada saya pecati loh kamu, saya pecati," imbuhnya.

(rfs/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT