ADVERTISEMENT

Tahun Berapa Jokowi Lahir? Ini Biografi Singkat Jokowi

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 12:38 WIB
Tahun berapa Jokowi lahir? Presiden Jokowi lahir pada tahun 1961. Hari ini, 21 Juni 2022 adalah ulang tahun Presiden Jokowi yang ke 61.
Tahun Berapa Jokowi Lahir? Ini Biografi Singkat Jokowi (Foto: BPMI Setpres)
Jakarta -

Tahun berapa Jokowi lahir? Presiden Jokowi lahir pada tahun 1961. Hari ini, 21 Juni 2022 adalah ulang tahun Presiden Jokowi yang ke 61.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah. Berikut rentetan informasi terkait biografi Presiden Joko Widodo.

Tahun Berapa Jokowi Lahir? Kelahiran Tahun 1961

Jokowi lahir pada tahun 1961, tepatnya tanggal 21 Juni. Melansir dari laman Perpusnas, Jokowi sejak kecil tinggal bersama keluarga sederhana di sebuah rumah kontrakan yang berlokasi di tepi sungai di Solo.

Selepas kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Jokowi sempat menjajal pengalaman kerja di sebuah perusahaan BUMN di Provinsi Aceh. Lalu, tahun 1988, Jokowi memutuskan kembali ke Solo untuk bekerja sementara waktu di sebuah pabrik milik pamannya, sampai akhirnya memutuskan untuk berhenti dan memulai usaha mebelnya sendiri.

Sempat sukses dengan bisnis mebelnya itu, Jokowi memutuskan untuk mencurahkan energinya pada ranah sosial. Melihat banyaknya potensi usaha kecil di Solo, Jokowi bersama rekan pengusaha membentuk organisasi pengusaha mebel nasional cabang Solo yang bernama Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia atau yang disebut Asmindo.

Tahun berapa Jokowi lahir? Presiden Jokowi lahir pada tahun 1961. Hari ini, 21 Juni 2022 adalah ulang tahun Presiden Jokowi yang ke 61.Tahun berapa Jokowi lahir? Presiden Jokowi lahir pada tahun 1961. (Foto: BPMI Setpres)

Tahun Berapa Jokowi Lahir Sudah Diketahui, Ini Riwayat Hidupnya

Presiden Jokowi adalah lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Berikut riwayat pendidikan, pekerjaan, dan organisasi Joko Widodo.

  • Riwayat Pendidikan
    - SDN III Tirtoyoso Solo
    - SMPN I Solo
    - SMAN 6 Solo
    - Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta
  • Pengalaman Pekerjaan
    - Eksportir Mebel
    - Walikota Surakarta (2005-2010)
    - Walikota Surakarta (2010-2015)
    - Gubernur Provinsi DKI Jakarta (2012-2017)
  • Pengalaman Organisasi
    - Ketua Bidang Pertambangan dan Energi KADIN Surakarta (1992-1996)
    - Ketua ASMINDO Komda Surakarta (2002-2007)

Karier Jokowi di Pemerintahan

Jokowi untuk pertama kalinya terjun ke ranah pemerintahan adalah menjabat sebagai Walikota Surakarta, pada 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012. Setelah itu, pada Maret 2012, Jokowi bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diusung oleh PDIP dan Partai Gerindra untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Selepas menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sampai tahun 2017, Joko Widodo kemudian terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 bersama Wakil Presiden saat itu, Jusuf Kalla.

Pada 2019, Joko Widodo kembali terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin untuk masa jabatan 2019 hingga 2024 mendatang.

Fakta Unik Jokowi Tak Pernah Rayakan Ulang Tahun

Salah satu fakta unik pria kelahiran tahun 1961 ini adalah beliau mengaku tidak pernah merayakan ulang tahun.

"Ya gimana? Wong saya ndeso. Saya nggak pernah ulang tahun," ucap Joko Widodo saat ditanya jelang perayaan ulang tahun ke-52. Saat itu, Jokowi sedang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Bukan hanya tidak pernah merayakan ulang tahun, Jokowi sendiri bahkan terkadang lupa dengan hari ulang tahunnya. Hal ini sempat beliau ungkapkan saat umurnya menginjak usia 57 tahun.

"Sebenarnya, saya tak pernah merayakan ulang tahun saya sendiri. Kadang-kadang malah lupa," tulis Jokowi dalam akun Facebook-nya, yang dilihat detikcom, Selasa (21/6/2022).

Pada ulang tahunnya yang ke-58 lalu, Jokowi menjelaskan di akun Twitternya bahwa tak perlu ada pesta. Bagi Jokowi yang penting adalah bersyukur saja ke Tuhan Yang Maha Esa dan lebih baik bekerja demi negara.

"Saya tak pernah merayakan hari ulang tahun, dan tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur ke hadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita," cuit Jokowi di Twitter @jokowi.

Jadi, tahun berapa Jokowi lahir? Jawabannya, Jokowi lahir pada tahun 1961, di Surakarta, Jawa Tengah.

Simak Video 'Saat Jokowi Dapat Kejutan Ultah di Rakernas PDIP':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT