ADVERTISEMENT

Kualitas Udara Jakarta Buruk, Wagub DKI: Program Langit Biru Perlu Waktu

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 23:24 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Foto: Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mendapat serangan sana-sini imbas dari buruknya kualitas udara Jakarta. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyinggung soal program langit biru untuk mengatasi polusi udara di Jakarta.

Untuk diketahui, langit biru adalah program Pemprov DKI untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara. Kendati demikian, Riza menyebut program itu merupakan jangka panjang yang efeknya tak bisa dirasakan dalam waktu dekat.

"Begitu juga tentang polusi udara program langit biru itu memang tidak mudah, perlu waktu, tidak bisa sepihak, perlu ada pengurangan kendaraan, uji emisi dan sebagainya. Kemudian peningkatan ruang terbuka hijau (RTH) dan sebagainya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2022).

Di samping itu, Riza menyatakan program ini perlu dijalankan dengan melibatkan seluruh pihak. Misalnya, penutupan sumber polutan mesti dibarengi pula dengan peningkatan RTH di Jakarta.

"Pabrik-pabrik yang ada, cerobong asap, semuanya saling melekat satu sama lain, tidak bisa secara sepihak atau parsial semua harus secara komprehensif program itu disusun," ucapnya.

Politikus Gerindra itu juga memandang pihaknya telah memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk mengeksekusi program langit biru. Namun, sekali lagi dia menekankan program langit biru tak bisa selesai dalam kurun waktu cepat.

"Teman-teman bisa bedah dari anggaran-anggaran yang dibelanjakan berapa persen untuk transportasi dan banjir berapa persen program langit biru. Memang tidak bisa diselesaikan secara cepat semua perlu waktu karena kita punya keterbatasan," ujarnya.

Riza menyadari persoalan polusi udara merupakan pekerjaan besar yang mesti diatasi. Meski begitu, dia juga memastikan program pembangunan lainnya juga digencarkan oleh Pemprov DKI.

"Saya kira itu masih menjadi salah satu pekerjaan rumah kita di Jakarta, teman-teman tahu macet tapi kan kita terus bangun infrastruktur transportasi dan kita lihat pertumbuhannya sangat baik. Kemudian pengendalian banjir jadi PR kita tapi kan faktanya teman-teman bisa lihat upaya kita, program-program pengendalian banjir cukup baik, kelihatan dari tahun ke tahun," tandasnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT