ADVERTISEMENT

Pengacara Klaim Belum Tahu Mardani Maming Jadi Tersangka KPK

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 20:06 WIB
Bendum PBNU Mardani Maming
Mardani H Maming (Foto: Nahda/detikcom)
Jakarta -

Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dicegah ke luar negeri dan disebut telah berstatus sebagai tersangka. Pengacara Mardani, Ahmad Irawan, mengatakan kliennya belum menerima surat atau informasi dari KPK soal pencegahan dan penetapan tersangka.

"Kami belum memiliki data/informasi mengenai ada atau tidaknya keputusan, permintaan, dan/atau perintah pencegahan dari KPK kepada pihak imigrasi," kata Ahmad kepada detikcom, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, keputusan pencegahan itu harusnya disampaikan kepada pihaknya. Sehingga, lanjutnya, pihak Mardani Maming bisa tahu kejelasan status dan alasan pencegahannya.

"Untuk itu kami tentu mempertanyakan kenapa hal tersebut lebih dahulu diketahui publik di banding bapak Mardani selaku yang berkepentingan dengan keputusan tersebut. Kami semuanya belum menerima surat apapun," ujar dia.

Ahmad menyebut berdasarkan hukum administrasi pemerintahan, jika salinan keputusan pencegahan itu belum diterimanya maka permintaan tersebut tidak mengikat.

"Sepanjang salinan keputusan pencegahan tersebut belum kami terima, menurut kami dari sisi hukum administrasi pemerintahan maka keputusan dan/atau perintah/permintaan pencegahan tersebut tidak mengikat," ujarnya.

Dia mengatakan Mardani Maming diperiksa KPK terkait pemberian izin usaha pertambangan saat menjadi Bupati Tanah Bumbu.

"Lidiknya mengenai pemberian izin usaha pertambangan. Panggilan lidiknya tahun 2010 s/d 2022. Padahal Bapak Mardani mengundurkan diri sebagai Bupati Maret 2018," ucap dia.

Simak informasi Mardani Maming dicegah ke luar negeri di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Firli Minta Penjabat Jauhi Korupsi: Kalau Tidak, Siap-siap Ditangkap!

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT