ADVERTISEMENT

Sambut G20, BI Tantang Masyarakat RI Bikin Karya Ilustrasi Digital

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 15:16 WIB
Bank Indonesia
Foto: Bank Indonesia
Jakarta -

Perhelatan Presidensi G20 Indonesia menjadi momentum penting dan bersejarah bagi Indonesia. Lewat agenda tersebut, Indonesia mendorong lahirnya gagasan-gagasan penting untuk kemajuan di berbagai sektor, mulai dari ekonomi, kesehatan, sosial-budaya, dan lainnya.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila awal Juni lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan sebagai pemegang mandat Presidensi G20, Indonesia mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan, berupa mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai dan lebih berperikemanusiaan dan lebih berperikeadilan.

Presidensi G20 Indonesia seyogianya bukan hanya kepentingan golongan elite. Sebab, masyarakat dapat berperan aktif untuk ambil bagian dalam event akbar tersebut.

Bank Indonesia (BI) pun mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam rangkaian agenda G20 Indonesia. Sebab, momen bersejarah ini merupakan kesempatan langka yang bisa ditemui masyarakat Indonesia.

"Momentum presidensi ini hanya terjadi satu kali setiap generasi (+20 tahun sekali) dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberi nilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi aktivitas ekonomi maupun kepercayaan masyarakat domestik dan internasional," tulis BI di website resminya seperti dikutip detikcom, Senin (20/6/2022).

Guna meningkatkan pemahaman dan partisipasi publik dalam Presidensi G20 Indonesia, Bank Indonesia akan menyelenggarakan serangkaian event di 'G20 BI STRONGER FEST'. Bersama detikcom, BI akan mengisi BI G20 Online Festival dengan online competition berupa perlombaan digital illustration 'BI Stronger Fest Digital Illustration Competition'.

Di kompetisi tersebut, para peserta akan diminta untuk membuat karya ilustrasi sesuai tema. Terdapat tiga tema yang dapat dipilih oleh peserta, di antaranya 'UMKM Sebagai Tonggak Pemulihan Ekonomi', 'Indonesia Maju Melalui Ekonomi Hijau', dan 'Bersama Mewujudkan Pemulihan Global yang Merata'.

Kompetisi ini dibuka untuk umum, baik dari kalangan profesional hingga pelajar. Nantinya, dari seluruh peserta yang mengirimkan karyanya, BI dan detikcom akan memilih 15 peserta. Adapun 10 peserta akan masuk ke sesi penjurian dan 5 lainnya sebagai cadangan. Nantinya, 10 peserta terpilih akan dihubungi mengenai kesediaannya ikut sesi penjurian selanjutnya. Peserta akan diberikan waktu 3-5 menit untuk menceritakan hasil karyanya.

Dari proses penjurian, akan diambil 3 pemenang dengan hadiah uang tunai Rp 10 juta untuk pemenang pertama, Rp 5 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 2 juta untuk pemenang ketiga. Selain itu, seluruh pemenang dan 7 kandidat lainnya juga akan mendapat e-sertifikat dari Bank Indonesia.

Lewat kompetisi 'BI Stronger Fest Digital Illustration Competition' ini, kamu dapat berpartisipasi di ajang G20 sekaligus mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme dan syarat mengikuti kompetisi tersebut dapat dilihat di sini.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT