ADVERTISEMENT

Viral Delay 3 Jam hingga Penumpang Turun, Super Air Jet Beri Penjelasan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 19:19 WIB
Super Air Jet
Foto: Ilustrasi Super Air Jet (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Viral sebuah video yang menunjukkan aksi penumpang Super Air Jet yang ramai-ramai turun dari pesawat karena penerbangan delay tiga jam. Pihak Super Air Jet pun meminta maaf.

Video yang viral di Twitter itu awalnya berasal dari unggahan seorang pengguna TikTok.

Dalam video itu dinarasikan bahwa para penumpang sudah melakukan boarding sejak pukul 16.40 WIB dari Yogyakarta. Namun, pada pukul 19.30 WIB pesawat tak kunjung terbang. Seorang wanita dalam video itu pun mengajak penumpang turun.

"Jadi kita turun semua ya?" ujarnya.

Super Air Jet Buka Suara

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari pun buka suara terkait masalah ini. Dia mengatakan bahwa semua standar operasional telah diterapkan sesuai prosedur.

"Super Air Jet berkomitmen tetap mengutamakan operasional yang memenuhi faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first). Seluruh operasional penerbangan dilaksanakan berdasarkan standar operasional prosedur," ujar Ari dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/6/2022).

Dia menjelaskan duduk perkara ini. Dia menerangkan bahwa pada Jumat (17/6), sebelum penumpang memasuki kabin pesawat udara, Airbus 320-200 registrasi PK-SJD sudah menjalani pengecekan (pemeriksaan) menyeluruh pada pesawat oleh teknisi dan pilot. Dari pemeriksaan tersebut, pesawat dinyatakan layak terbang.

"Pesawat dinyatakan layak terbang dan aman untuk dioperasikan (safe for flight). Super Air Jet pada penerbangan IU-319 akan dioperasikan menggunakan jenis pesawat Airbus 320-200 PK-SJD dengan jadwal terbang pukul 17.10 WIB dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) mengalami penundaan keberangkatan," ujarnya.

Pengecekan apa yang dilakukan? Baca halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: SuperAir Jet Buka Rute Penerbangan Solo-Jakarta

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT