ADVERTISEMENT

Bang Pitung Diabadikan Jadi Nama Jalan di Kebayoran Lama Jaksel

Tiara Aliya Azzahra, Mulia Budi - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 16:56 WIB
Jalan si Pitung
Jalan Raya Kebayoran Lama di Jakarta Selatan ganti nama menjadi Jalan Bang Pitung. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengabadikan nama tokoh legenda Jakarta, Si Pitung menjadi nama jalan. Jalan Raya Kebayoran Lama di Jakarta Selatan ganti nama menjadi Jalan Bang Pitung.

"Yang sudah hampir matang jalan raya Kebayoran Lama penggal jalannya dari Pasar Palmerah sampai perempatan RS Medika menjadi Jalan si Pitung," kata Wakil Camat Kebayoran Lama, Sidik Rawanta, saat dihubungi, Minggu (19/6/2022).

Sidik mengatakan perubahan nama itu diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Selain Jalan Kebayoran Lama, masih ada 2 nama jalan lain yang bakal diubah di Jakarta Selatan.

Jalan Bang Pitung (Mulia Budi/detikcom)Jalan Bang Pitung (Mulia Budi/detikcom)

Nantinya nama-nama jalan itu diresmikan melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta.

"Leading sector-nya yang mengelola Dinas Kebudayaan membuat rapat dengan SKPD terkait, termasuk kelurahan dan kecamatan. Untuk Kebayoran Lama itu rencananya ada 3 penggal jalan yang akan dirubah," ujarnya.

"Dua titik lainnya Jl Ciputat Raya dan Ciledug Raya," sambungnya.

detikcom mencoba memantau perubahan nama itu secara langsung di Jl Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pantauan detikcom di lokasi pada Minggu (19/6), pukul 15.10 WIB, terlihat ada sebuah plang jalan bertuliskan 'Jl Bang Pitung' di lampu merah pertigaan Rawa Belong.

Jalan Bang Pitung (Mulia Budi/detikcom)Jalan Bang Pitung (Mulia Budi/detikcom)

Plang jalan itu berada di tengah jalan menghadap gedung putih di depannya. Para pengendara tampak tidak menyadari perubahan Jl Kebayoran Lama menjadi Jl Bang Pitung tersebut. Mereka terlihat melaju seperti biasa.

Pertigaan lampu merah Rawa Belong sendiri menghubungkan tiga jalan, yaitu Jl Pal Merah di sisi timur, Jl Bang Pitung di sisi selatan, dan Jl Kemanggisan di sisi utara.

Lihat juga Video: Alasan India Tak Jadikan Sukarno Nama Jalan

[Gambas:Video 20detik]



(taa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT