ADVERTISEMENT

Ditargetkan 10 Ribu Penumpang, Ini Sederet Fasilitas Stasiun Matraman

Mulia Budi - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 16:48 WIB
KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan segera mengoperasikan Stasiun Matraman.
Stasiun Matraman (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) hari ini menggelar soft opening pengoperasian Stasiun Matraman, Jatinegara, Jakarta Timur. Stasiun ini ditargetkan untuk menampung 10 ribu penumpang setiap harinya.

"Targetnya adalah 10 ribu penumpang per hari, kita baru check out dua tiga hari ini penumpang nya udah mencapai 1.200. Harapan kami ketika halte TransJakarta ini sudah jadi maka 10 ribu itu akan mudah tercapai," kata Direktur Prasarana Perkeretaapian Harno dalam acara soft opening Stasiun Matraman, Minggu (19/6/2022).

Stasiun ini nantinya juga terintegrasi dengan Halte TransJakarta. Nantinya, Pemprov DKI Jakarta akan membangun konektivitas antara Stasiun Matraman dengan Halte TransJakarta.

"Sebagai integrasinya kami bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta TransJakarta yang akan membangun konektivitas Stasiun Matraman dengan halte TransJakarta yang akan melayani 3 koridor yang ke Ancol, TMII, dan Senen. Jadi konsepnya ini akan mengantarkan masyarakat kita untuk beraktivitas di jalur Salemba sampai ke arah Senen," paparnya.

Fasilitas di Stasiun Matraman

Stasiun Matraman yang berada di antara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara ini memiliki sejumlah fasilitas penunjang. Fasilitas tersebut di antaranya loket, ruang laktasi, pos kesehatan, hingga eskalator.

"Stasiun ini memiliki fasilitas pelayanan pengguna seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift, dan eskalator serta area parkir," demikian keterangan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub melalui Instagramnya.

Selain itu, Stasiun Matraman akan dilengkapi CCTV dan alarm kebakaran untuk menunjang segi keamanan dan keselamatan penumpang.

"Selain itu, untuk keamanan dan keselamatan, stasiun ini juga dilengkapi juga dengan CCTV, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran, serta penangkal petir loh!" lanjutnya.

Simak juga Video: Ada Stasiun Matraman, Menhub: 20 Ribu Penumpang Tak Perlu ke Manggarai

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT