ADVERTISEMENT

Jakarta 'Juara Dunia' Udara Buruk, Gerindra: Perlu Investigasi

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 06:31 WIB
Ktua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani
Foto: Rani Mauliani (Dok. Istimewa/foto diberikan oleh narasumber)
Jakarta -

Kualitas udara di Jakarta tercatat menjadi salah satu yang terburuk di dunia pada Sabtu (18/6) akhir pekan ini. Fraksi Gerindra DKI menilai hal ini perlu menjadi perhatian.

"Memang harus jadi perhatian kita bersama karena hal tersebut pun menyangkut pada kesehatan kita bersama juga," ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani, saat dihubungi, Sabtu (18/6/2022).

Rani menyebut terdapat beberapa hal yang perlu diselidiki. Salah satunya penyebab hingga pengecekan kondisi udara Jakarta selama beberapa hari ini.

"Yang perlu diinvestigasi lagi ada apa dengan udara pagi ini, bagaimana dengan pagi kemarin atau esok, atau jangan-jangan kualitas udara ini bukan hal yang baru terjadi pada kota Jakarta, tapi kitanya yang tidak sadar akan kondisi tersebut," kata Rani.

"Apa yang menjadi penyebab buruknya kualitas udara juga harus kita telusuri karena Jakarta tidak punya hutan yang ada kemungkinan terbakar sehingga udara tercemar. Apa iya dengan banyaknya volume kendaraan yang bermobilisasi di Jakarta bisa memperburuk udara sebegitunya?" sambungnya.

Rani juga menilai perlu adanya pengecekan ada tidaknya tujuan terselubung dari disorotnya kualitas udara Jakarta saat ini. Sebab Rani menilai jika masalah udara menjadi perhatian rutin maka tidak akan menjadi bahan pembicaraan secara tiba-tiba.

"Atau jangan-jangan kepedulian terhadap kualitas udara ini tiba-tiba muncul untuk mencover sesuatu tujuan terselubung, semisal karena mau muncul perihal mobil listrik atau apalah. Ya semoga kepedulian ini tulus dan murni apa adanya," kata Rani.

"Karena kan tiba-tiba jadi topik trending perihal kualitas udara, kalau menjadi perhatian rutin kan engga usah tiba-tiba. Lelah sudah kita disuguhin yang terselubung-terselubung. Bagaimana masyarakat mau bangkit dari keterpurukan akibat dampak pandemi karena selalu disuguhkan kondisi-kondisi dan situasi-situasi yang menimbulkan dampak kecemasan. Ayoo move on kami mau sehat lahir dan batin, kami harus bertahan, kami berhak merasa aman dan nyaman," tuturnya.

Simak halaman selanjutnya

Simak Video: Kualitas Udara di Jakarta Mengkhawatirkan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT