NasDem Ungkap Alasan Lebih Pilih Jenderal Andika daripada Erick Thohir

ADVERTISEMENT

NasDem Ungkap Alasan Lebih Pilih Jenderal Andika daripada Erick Thohir

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 18:52 WIB
Eks Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, yang menjadi pembicara kehormatan di Rakernas NasDem 2022.
Surya Paloh di Rakernas NasDem (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

NasDem resmi memilih tiga nama sebagai bakal calon presiden yang akan diusung pada 2024. Salah satu nama yang dipilih adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Padahal, berdasarkan voting DPW NasDem dalam rakernas, nama Menteri BUMN Erick Thohir berada di posisi ketiga, sedangkan Jenderal Andika Perkasa berada di posisi keempat. Lantas apa alasan NasDem lebih memilih Jenderal Andika daripada Erick Thohir?

Ketua DPP NasDem Willy Aditya memastikan pemilihan ketiga nama bakal calon presiden yang akan diusung NasDem tersebut bukan berdasarkan voting. Menurutnya, jika berdasarkan voting, memang Erick Thohir yang berada di posisi ketiga teratas nama yang dipilih DPW NasDem.

"Itu tidak berdasarkan voting, tidak berdasarkan suara terbanyak, jadi itu mekanisme yang sudah dari awal disepakati dalam tata tertib, dan mekanisme itu juga yang sudah diedarkan ke dewan pimpinan wilayah dalam proses penjaringan nama-nama. Jadi tidak voting, tidak berdasarkan suara terbanyak. Suara terbanyak nomor 3 memang Erick," kata Willy saat dihubungi, Sabtu (18/6/2022).

Willy lantas menyampaikan sejumlah variabel yang diperhitungkan oleh steering committee NasDem atas pilihan 3 bacapres. Menurutnya, ada variabel seperti politik kebangsaan, stabilitas nasional, hingga survei di setiap wilayah yang diperhitungkan.

"Steering committee memutuskan, berdasarkan variabel-variabel yang kualitatif tentang politik kebangsaan, tentang stabilitas nasional ya, itu yang kemudian menjadi preferensi dalam tentukan 3 nama, selain survei yang kami lakukan di setiap wilayah," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video '3 Bakal Capres NasDem: Anies, Andika Perkasa, Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT